Ketika Akan Memakai Lapangan Futsal, Pastikan untuk Melakukan Pengecekan Pada Hal Ini

Ketika Akan Memakai Lapangan Futsal, Pastikan untuk Melakukan Pengecekan Pada Hal Ini

Salah satu jenis olahraga yang saat ini diminati oleh masyarakat Indonesia, baik itu dewasa muda atau pun anak-anak adalah futsal. Jenis olahraga ini memang cenderung lebih banyak dilakukan oleh para laki-laki, namun nyatanya banyak juga perempuan yang ikut memainkannya. Dalam olahraga ini, ada berbagai jenis komponen mau pun elemen yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum bermain. Salah satunya adalah memperhatikan kualitas dari lapangan futsal yang akan Anda gunakan untuk bermain atau bertanding. Hal ini tentunya sangat memberikan dampak yang cukup besar bagi Anda dan para pemain lainnya. Kualitas lapangan tersebut dapat mempengaruhi performa Anda dalam bermain dan juga mempengaruhi kenyamanan Anda ketika sedang bermain di atasnya. Memang terlihat sepele, namun jangan lupa untuk memastikan keadaan dari lapangan tersebut. Anda harus melakukan pengecekan pada beberapa hal yang menyangkut tentang lapangan tersebut. Misalnya seperti melakukan pengecekan pada hal ini:

Ketika Akan Memakai Lapangan Futsal, Pastikan untuk Melakukan Pengecekan Pada Hal Ini

Jaring

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memeriksa kondisi jaringnya. Pastikan jika jaring tersebut dalam keadaan yang masih bagus atau masih dapat berfungsi secara optimal. Adanya jaring tersebut sangat penting, yaitu dapat mencegah bola agar tidak melambung terlalu jauh. Jika kondisi jaring tidak baik, yakni tidak terpasang dengan benar atau terdapat lubang yang besar, maka perlindungannya pun tidak akan maksimal. Bola yang melambung tersebut dapat mengenai para pemain yang berada di luar lapangan atau yang datang untuk menonton, pasti akan berbahaya.

Kondisi Lantai atau Rumput

Sebelum memutuskan untuk bermain di lapangan futsal tersebut, Anda juga harus memperhatikan keadaan lantai atau rumput yang digunakan. Kebanyakan lapangan tersebut memang memakai rumput agar pemain yang terjatuh tidak terlalu merasa sakit. Namun ada juga yang tidak memakai rumput, melainkan hanya lantai lapangan biasa. Perhatikanlah hal tersebut, jika memakai rumput, perhatikan jika ada bagian yang terlepas atau tidak. Jika banyak yang terlepas, Anda bisa meminta pengurusnya untuk membetulkannya karena akan sangat berbahaya jika dipakai.

Gawang

Terakhir, Anda juga harus memeriksa bagian gawangnya, apakah aman dan masih layak untuk digunakan atau tidak. Biasanya, ada kemungkinan bola akan memantul keras ke tiang gawang. Jika karena hal tersebut gawang bergeser dan tidak seimbang, maka hal tersebut akan membahayakan para pemain yang ada di dekatnya. Pilihlah lapangan yang memiliki gawang yang kokoh agar tidak memiliki potensi untuk dapat terjatuh.

Simak disini: Cara Jitu Merawat Lapangan Futsal yang Memakai Rumput Sintetis dengan Mudah

Itulah beberapa hal krusial yang harus Anda perhatikan sebelum memilih lapangan futsal mana yang akan Anda gunakan untuk bermain atau bertanding. Semua hal tersebut sangat penting untuk dicek terlebih dahulu, karena jika ada yang terlewatkan, maka keamanan dan kenyamanan para pemainnya mau pun yang menonton akan terancam. Lebih baik memilih lapangan dengan kualitas terbaik agar permainan dapat berjalan dengan baik dan mulus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *