Tips Latihan Mudah untuk Meningkatkan Kekuatan Fisik Pemain Bola Voli Pemula

Tips Latihan Mudah untuk Meningkatkan Kekuatan Fisik Pemain Bola Voli Pemula

Menguasai berbagai teknik dasar dalam permainan bola voli itu sangat penting tetapi hal itu harus diimbangi dengan latihan fisik yang konsisten dan terus bertahap. Banyak pemain bola voli yang akhirnya merasakan mudah cidera, lelah ataupun lainnya akibat kurangnya latihan fisik dengan baik. Padahal dalam melakukan berbagai gerakan diperlukan adanya keluwesan serta kekuatan yang baik, mulai dari otot lengan, kaki, bahkan sampai dengan otot perut. Jika semuanya itu bisa Anda latih dengan baik, secara otomatis akan meningkatkan kemampuan bermain voli Anda lebih hebat.

Tips Latihan Mudah untuk Meningkatkan Kekuatan Fisik Pemain Bola Voli Pemula

Bagi Anda pemain pemula dalam olahraga voli pasti hanya akan lebih fokus pada teknik dasar saja tanpa memperhatikan pendorong lainnya. Padahal setidaknya ada 4 jenis latihan dasar yang wajib Anda kuasai dan rutin untuk dilakukan, antara lain:

Latihan kekuatan.

Seperti yang telah dikatakan diatas bahwa kekuatan otot tubuh sangat berpengaruh pada performa Anda dilapangan. Makanya untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan Anda lebih baik siapkan diri dengan latihan fisik secara teratur seperti pushup, sit up, back up, ataupun jenis lainnya. Minimal Anda melakukan latihan tersebut satu kali dalam sehari supaya meningkatkan kekuatan dengan baik.

Latihan kelenturan.

Selain kekuatan, kelenturan juga diperlukan dalam permainan bola voli. Mulai dari kelenturan kepala, tangan, tubuh sampai dengan kaki harus dikuasai oleh setiap pemain bola voli. Caranya cukup mudah dengan gerakan-gerakan ringan sebelum melakukan pertandingan seperti pemutaran kepala, tangan sampai dengan kaki secara bergantian.

Latihan kecepatan.

Lalu ada latihan kecepatan yang diperlukan untuk Anda supaya tetap mampu melakukan gerakan yang secara terus menerus berbentuk sama dengan waktu yang sangat singkat. Bukan hanya pada permainan bola voli saja tetapi kecepatan juga diperlukan dalam beberapa jenis olahraga lainnya.

Latihan daya tahan.

Kemudian setiap orang diperlukan juga mengasah latihan daya tahan yang menjadikan tubuh tetap seimbang dan efektif melakukan berbagai kegiatan. Latihan ini seperti halnya menantang tubuh Anda dapat melakukan setiap latihan berapa lama seperti dari lari, angkat beban dan lain sebagainya.

Latihan ketrampilan.

Seringnya mengadu ketrampilan dengan lawan merupakan salah satu cara untuk melatih dan meningkatkan kemampuan Anda. Dengan begitu secara otomatis pengetahuan mengenai berbagai teknik akan lebih mudah Anda kuasai.

Baca juga Inilah 4 Keuntungan yang Bisa Dirasakan Pemain Bola Tingkat Dunia

Itulah beberapa poin penting yang wajib diketahui oleh setiap pemain voli, walaupun sebenarnya itu bukan hanya dibutuhkan pada permainan bola voli saja. Berbagai jenis latihan diatas bukanlah sesuatu yang tidak penting, karena selain dapat meningkatkan efektivitas tubuh Anda juga dapat memberikan manfaat yang lebih. Sebagai seorang pemain bola pemula pasti memerlukan berbagai latihan fisik untuk melihat sejauh mana kemampuan dan keterampilan yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *