Mengenal Lebih Dekat Tentang Sepak Takraw yang Perlu Anda Ketahui

Mengenal Lebih Dekat Tentang Sepak Takraw yang Perlu Anda Ketahui

Banyak jenis permainan yang merupakan warisan dari masa lalu. Namun sedikit diantaranya yang memang sudah dikemas dengan lengkap berikut aturan mainnya. Salah satu jenis permainan tradisional yang sudah dikemas secara lengkap adalah permainan bola rotan atau dikenal dengan sebutan sepak takraw. Permainan ini berasal dari kesultanan Melayu yang diwariskan secara turun temurun hingga saat ini.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Sepak Takraw yang Perlu Anda Ketahui

Awal mula sejarah bola rotan ini diketahui pada catatan pemerintahan Sultan Mansur Sah Ibni Almarhum Sultan Muzzaffar Shah. Sultan Mansur memiliki seorang putra bernama Raja Ahmad, dimana Raja Ahmad tercatat telah dibuang ke negeri Pahang karena membunuh seorang anak bendahara kesultanan karena perselisihan yang terjadi saat keduanya bermain bola rotan. Dikemudian hari justru Raja Ahmad diangkat menjadi sultan Pahang dan mengajarkan permainan ini sehingga diketahui dan dimainkan banyak orang terutama di negeri Melayu. Kini permainan bola rotan telah dikenal dengan luas di berbagai negara ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Burma, Laos dan Filiphina dengan nama yang berbeda-beda.

Selain dari sejarahnya, permainan tradisional ini juga memiliki keunikan lainnya salah satunya adalah permainannya itu sendiri. Bola rotan mengambil ciri khas beberapa cabang olahraga modern seperti:

  • Lapangannya yang menggunakan lapangan permainan bulutangkis untuk permainan ganda.
  • Net atau jaring menggunakan ukuran jaring pada permainan bola voli.
  • Dan penggunaan bola pada kaki yang mirip dengan permainan sepak bola.

Namun meski mirip dengan permainan lainnya, sepak takraw memiliki ciri khas tersendiri yaitu cara permainannya yang tak memperbolehkan pemain memegang bola. Bola harus dilempar menggunakan kaki padahal untuk sampai ke area lawan terdapat net atau jaring seperti pada permainan voli.

Selain keunikan di atas, permainan dengan bola terbuat dari rotan ini juga memiliki keunikan yang terdapat pada peraturannya. Selain pemain tak bole memegang bola, namun ada jumlah tertentu yang diperbolehkan bola masih berada di satu tim yang sama yaitu hanya 3 kali lemparan. Setelah itu bola harus ditendang ke arah tim lawan. Point akan dihitung jika tim lawan tidak bisa menangkap bola atau mengembalikannya dengan kaki sehingga bola jatuh di area permainan lawan. Pemain bola rotan ini hanya berjumlah 3 orang dengan posisi yang tidak boleh diganti hingga akhir permainan.

Baca juga Mau Handal Bermain Sepak Takraw? Simak 4 Tips di Bawah Ini!

Unik bukan permainan tradisional sepak takraw ini? Meski dulunya merupakan permainan tradisional, namun permainan ini sudah diolah sangat modern bahkan memiliki kejuaraan bergengsi seperti pada sepak bola dan bulutangkis. Nama turnamen paling bergengsi untuk olahraga ini adalah King’s cup world championship yang terakhir kali diselenggarakan di Bangkok Thailand. Bagi Anda yang ingin mempelajarinya, kini juga sudah banyak club bola rotan ini di berbagai kota besar di Indonesia sebagai tempat belajar sekaligus bertanding bola rotan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *