4 Tips Olahraga Jogging yang Baik dan Benar Agar Bisa Merasakan Manfaatnya

4 Tips Olahraga Jogging yang Baik dan Benar Agar Bisa Merasakan Manfaatnya

Terdapat sekian cara yang bisa dilakukan untuk tetap bugar, salah satunya dengan rajin berolahraga namun jangan asal rajin saja melainkan menyimak tips olahraga dengan seksama. Sebab sekalipun kegiatan olahraga bermanfaat bagi pelakunya jika tidak dilakukan dengan benar dan asal-asalan dijamin manfaat kegiatan satu ini malah tidak dirasakan. Ada pula kemungkinan cedera sewaktu berolahraga, oleh sebab itu jangan meremehkan pentingnya memahami bagaimana mempersiapkan diri menikmati jenis olahraga yang Anda pilih. Sehingga tidak hanya bugar namun juga menikmatinya secara maksimal.

4 Tips Olahraga Jogging yang Baik dan Benar Agar Bisa Merasakan Manfaatnya

Tips Jogging yang Baik dan Benar

Salah satu jenis olahraga yang disukai banyak orang karena murah dan mudah namun manfaatnya berlipat-lipat adalah jogging. Bagi pemula baiknya simak beberapa tips berikut agar jogging atau lari pagi terasa lebih menyenangkan sekaligus aman:

Siapkan sepatu lari yang tepat,

Jogging termasuk ke dalam olahraga lari sehingga Anda diwajibkan memakai sepatu lari yang tepat dan berkualitas. Sepatu lari ini pilihannya sangat bervariasi ada yang harganya hanya ratusan ribu ada pula yang sampai jutaan. Silahkan memilih yang sekiranya paling cocok, dan ketika sepatu sudah rusak segera ganti agar kaki nyaman dan bebas cedera sewaktu jogging.

Jangan lupa melakukan pemanasan dan juga pendinginan,

Olahraga apapun tentu membutuhkan pendinginan maupun pemanasan dan tidak terkecuali pula dengan jogging. Jadi sewaktu membaca tips olahraga jogging dijamin akan diminta melakukan pemanasan sebelum mulai berlari. Paling tidak Anda butuh 5-10 menit untuk melakukan peregangan, baru kemudian menikmati jogging. Setelah dirasa cukup baiknya tidak langsung duduk melainkan melakukan peregangan kembali untuk tujuan pendinginan. Cara ini akan membantu memudahkan tubuh beradaptasi sekalipun baru awal-awal diajak jogging.

Memperhatikan posisi tubuh,

Kesalahan yang banyak dilakukan penikmat jogging adalah tidak atau kurang memperhatikan posisi tubuh. Usahakan tidak asal berlari karena diharapkan saat berlari kepala tegak, siku membentuk sudut 90 derajat, dan menarik otot perut ke dalam. Pada awal jogging memang terasa susah namun kalau sudah terbiasa dijamin secara alami tubuh akan berada di posisi tersebut sehingga jogging terasa lebih aman dan menyenangkan. Soal kecepatan lari dianjurkan memakai sistem lari dan sesekali berjalan kemudian lari kembali supaya tubuh tidak kelelahan.

Baca juga Tips Menghindari Cidera Pada Pemain Futsal

Jogging termasuk ke dalam olahraga yang disukai oleh banyak orang, sebab memang mudah tanpa perlu latihan dan perlengkapan khusus. Kemudian murah namun manfaatnya luar biasa bahkan menjadi jenis olahraga terbaik bagi yang ingin kurus. Jadi, untuk menikmati manfaat jogging tersebut pastikan menyimak tips di atas supaya tepat dan bebas dari resiko mengalami cedera. Pasalnya yang namanya olahraga lari kalau dilakukan asal tentu memicu cedera pada kaki, maka tips olahraga di atas wajib sekali untuk diperhatikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *