Memakai Bola Futsal yang Baik Akan Membuat Permainan Semakin Berkualitas

Olahraga yang bisa diterapkan di Indonesia memang ada banyak sekali cabangnya, salah satunya adalah futsal. Olahraga ini sering dijadikan ajang untuk menghabiskan waktu senggang mereka atau pun menekuninya hingga bisa menjadi ahli dalam permainan tersebut. Olahraga ini memang dikenal dengan permainan yang dimainkan oleh 5 orang pada kedua tim yang bertanding, serta mereka harus menggiring bola dan memasukkannya ke dalam gawang agar bisa mencetak angka dan mendapatkan kemenangan. Namun, ternyata bola futsal memiliki pengaruh yang sangat besar untuk para pemainnya. Disamping bola tersebut menjadi benda terpenting pada permainan ini, nyatanya bola tersebut juga akan memberikan pengaruh buruk pada pemainnya jika kualitasnya juga tidak baik. Untuk itu, ketika Anda akan memilih jenis bola mana yang akan dipakai untuk bermain, Anda harus mengecek beberapa hal ini sebelum menggunakannya untuk bermain. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dari bola tersebut:

Ukuran dan Bahan

Hal pertama yang harus sekali Anda perhatikan adalah ukuran dari bola tersebut. Meski cara bermainnya hampir sama dengan sepak bola, namun bola yang dipakai sangat berbeda. Pada umumnya, bola ini berukuran 4, sedangkan sepak bola memakai yang berukuran 5. Anda harus mengecek ukurannya dengan melihat permukaannya. Selain itu, bahan yang dipakai juga sangat penting. Biasanya, bola ini terbuat dari kulit dan sintetis. Sekarang ini, yang tersebut dari bahan sintetis lebih sering dicari dan dipakai masyarakat Indonesia karena harganya yang lebih terjangkau, serta kualitasnya hampir serupa dengan kulit.

Permukaan

Bagian lainnya yang harus sekali Anda perhatikan sebelum memilih bola futsal mana yang akan dipakai adalah dengan melihat permukaannya. Pilihlah bola yang permukaannya terbuat dari bahan karet, polyurethane, atau polyvinyl chloride. Biasanya yang dilapisi dengan bahan tersebut akan lebih tahan lama dan juga akan lebih terasa ringan. Selain itu, biasanya juga kedap dan tahan kepada air, serta sangat cocok untuk Anda gunakan dalam sehari-hari. Misalnya untuk latihan, dan lain-lain.

Tingkat Keras

Tidak hanya pelapisnya saja yang harus diperhatikan, melainkan Anda juga harus memperhatikan tingkat kekerasan pada permukaan bola. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi sekali performa dan kenyamanan Anda ketika sedang bermain. Akan lebih baik jika bola tersebut terasa empuk, jadi ketika Anda menendangnya, kaki pun tidak akan terasa begitu sakit, terutama jika bola sampai mengenai badan atau kepala Anda, pastinya akan jauh lebih aman.

Baca juga Ini Dia Empat Poin Perbedaan Bermain Futsal dan Sepakbola yang Harus Anda Ketahui

Pantulan

Permainan futsal dengan sepak bola memang berbeda sekali. Pada permainan futsal, pantulan sangat memberikan pengaruh dalam permainan tersebut. Maka itu, Anda harus memilih bola futsal yang dapat memantul dengan baik, setidaknya bisa memantul hingga 1 sampai 2 meter. Hal ini nyatanya juga dapat mempengaruhi sekali performa Anda ketika bermain dan juga kenyamanan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *