Fakta Unik dibalik Liga Australia

Fakta Unik dibalik Liga Australia

Liga Australia atau biasa disebut A-League merupakan kompetisi sepakbola professional yang tertinggi di Australia. Tim yang tergabung meliputi klub yang berada di Australia dan Selandia Baru. Konsep A-League memiliki sistem degradasi, promosi dan salary cap. Salary cap ini dilakukan dengan mengatur gaji para pemain untuk menghemat pengeluaran. Melihat demikian A- League terkesan sama dengan liga-liga sepakbola lainnya. Akan tetapi tahukah Anda bahwa dibalik liga tersebut terdapat keunikan tersendiri pada klub sepakbola Australia?

Berikut adalah hal yang tidak biasa dibalik liga Australia yang dapat Anda ketahui:

Fakta Unik dibalik Liga Australia

  1. Bola. Biasanya bola yang digunakan dalam permainan sepakbola adalah bola dengan bentuk bola. Keluar dari kebiasaan umum, bola yang digunakan pada sepakbola Australia adalah bola lonjong dengan ukuran yang lebih kecil dan enteng dibandingkan bola rugby. Pemilihan bentuk bola tersebut ketika pertama kalinya dikarenakan bola dengan bentuk lonjong akan lebih mudah meluncur ke udara. Dengan permainan sepakbola yang ditambah dengan banyaknya menangkap bola di udara, maka permainan sepakbola akan semakin menarik.
  2. Tiang gawang. Bila Anda gemar menonton pertandingan sepakbola pasti tau jumlah tiang pada gawang di lapangan. Pada umumnya tiang gawang ada dua, kanan dan kiri yang diikat dengan jaring agar bola yang masuk tidak keluar. Tetapi berbeda dengan tiang gawang pada sepakbola Australia. Gawang di Australia menggunakan empat tiang yang menghadap ke langit. Dua tiang yang berada di tengah lebih tinggi dibandingkan kedua tiang yang berada di barisan paling luar. Bola yang memasuki ruang tengah gawang memiliki nilai tertinggi dibandingkan ruang kanan dan kiri.
  3. Kostum. Bila biasanya kostum yang dikenakan para pemain sepakbola adalah kostum dengan lengan pendek, maka bukan demikian dengan sepakbola di Australia. Para pemainnya mengenakan kostum tanpa lengan seperti para pemain olahraga basket. Gaya kostum tersebut dimungkinkan mengikuti gaya pemain sepakbola Irlandia. Permainan sepakbola Australia digambarkan oleh sebagian orang sebagai kombinasi antara permainan rugby, gulat dan balet. Hal tersebut karena sebagian besar pemain banyak meloncat untuk menangkap bola yang melambung di udara. Para pemain mampu menendang ke arah gawang serta tackle dengan menggunakan tangan.

Baca juga Daya Tarik Supporter Klub Liga Jerman yang Terkenal Sangat Loyal

Demikian Adalah sebagian hal menarik yang bisa Anda ketahui mengenai persepakbolaan di Australia. Dapat Anda ketahui bahwa dibalik liga Australia ternyata menyimpan berbagai keunikan yang menarik. Selain itu masih banyak lagi berbagai keunikan yang mungkin akan Anda lihat ketika Anda menyaksikan pertandingan sepakbola di Australia. Bukan hanya Australia saja, negara-negara lain pasti juga memiliki keunikan dalam hal persepakbolaan nya yang dapat menarik perhatian Anda. Hal-hal unik dan menarik mungkin tidak banyak disadari oleh para penonton sepakbola, tetapi bagi penggemarnya hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang bisa mereka banggakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *