Ini Dia Beberapa Jenis Pelanggaran Kiper Futsal yang Dilarang

Kiper yang ada dalam sepak bola maupun futsal sama-sama memiliki tugas dalam menjaga gawang untuk mengamankan dari serangan lawan supaya tidak kebobolan. Sedangkan untuk menjadi seorang kiper futsal, tentunya akan ada beberapa peraturan yang wajib untuk dipahami dengan betul oleh setiap penjaga gawang pada saat pertandingan berlangsung termasuk pada saat melakukan tendangan pinalti. Sedangkan apabila peraturan yang telah diberikan tidak dipatuhi dengan baik tentu saja kompetisi yang dihasilkan pun juga tidak memiliki kualitas yang baik pula.

Sebagai seorang kiper tentunya harus bisa memahami segala hal yang sudah menjadi tugasnya dan perlu untuk memperhatikan beberapa pelanggaran yang memang dilarang untuk dilakukan, terlebih lagi pada saat menjalani pertandingan yang resmi tentu saja hal untuk pengetahuannya pun harus bisa digali sebanyak mungkin agar bisa menyajikan pertandingan yang profesional dan juga terbaik. Sedangkan untuk mengetahui pada beberapa peraturan yang ada di bawah ini maka Anda dapat untuk memperhatikan pada beberapa hal di ulasan berikut.

Baca juga: Teknik Penangkapan Bola Ala Kiper Futsal Handal yang Wajib Anda Ketahui

Berikut ini larangan kiper futsal yang harus diperhatikan dengan baik selama pertandingan futsal berlangsung, yaitu:

  1. Kiper tidak diperbolehkan untuk menguasai bola lebih dari 4 detik baik itu dipegang dengan tangan maupun dengan kakinya. Sedangkan hitungan wasit yang dimulai ini dianggap kipper sudah menguasai bola. Jika pelanggaran ini dilakukan maka akan mendapatkan hukuman berupa tendangan bebas dengan tidak secara langsung.
  2. Backpass atau pengambilan pada bola umpan dari seorang pemain di dalam satu tim dan sengaja untuk diberikan pada penjaga gawang, dan kiper hanya diperbolehkan menerimanya menggunakan kaki dan tidak diperbolehkan menangkap dengan tangan terkecuali apabila anggota tim memberikan bola dengan menggunakan anggota badan (bukan kaki maupun tangan).

Dari beberapa pelanggaran yang ada memang tidak diperbolehkan untuk dilakukan seorang penjaga gawang, sehingga apabila dalam futsal Anda mendapatkan tugas sebagai penjaga gawang, maka pahami betul dari segala hal yang tidak diperbolehkan agar proses futsal tetap berjalan dengan sebaik mungkin, bahkan sebagai penjaga gawang yang handal pun tidak akan terlepas dari yang namanya peraturan-peraturan yang wajib untuk dipahaminya dengan sebaik mungkin, sehingga dengan mengetahui segala pelanggaran yang dilarang maka Anda dapat menciptakan permainan bola yang berkualitas.

Mengingat bahwa kiper futsal yang menjaga dalam gawang agar tidak kebobolan dengan kemenangan lawan, maka menjadi seorang penjaga gawang pun juga tidaklah dilakukan dengan sembarangan, Karena dalam menjaga gawang pun sangat perlu ketrampilan serta konsentrasi agar bola dari tim lawan tidak masuk dalam gawang tim Anda, sehingga hal ini pun juga membutuhkan strategi yang handal dalam melakukan penjagaan pada gawang, sehingga apabila Anda berkeinginan untuk menjadi seorang kipper yang handal, maka jangan pernah malas untuk selalu berlatih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *