Mengintip 4 Kegunaan Sarung Tangan Kiper

Bagi orang awam tentu tidak terlalu akrab dengan yang namanya sarung tangan kiper sebab lebih sering dipakai oleh penjaga gawang. Sarung tangan khusus kiper ini berbeda dengan sarung tangan pada umumnya, sebab didesain lebih lebar dan juga tebal. Jenis bahan yang dipakai pun lebih khas sehingga kurang cocok dikenakan untuk berkebun maupun bekerja di lingkungan laboratorium. Apalagi karakternya memang agak berat dan sedikit kaku, sehingga pekerjaan apapun terasa kurang nyaman jika memakainya, kecuali Anda penjaga gawang.

Kegunaan Sarung Tangan Bagi Penjaga Gawang

Sarung tangan ini didesain secara khusus dan memakai bahan yang khusus pula sehingga membantu pekerjaan seorang penjaga gawang. Secara umum sarung tangan ini memiliki kegunaan sebagai berikut:

  • Membantu memegang bola,

Sarung tangan seorang kiper biasanya akan memiliki bentuk yang unik, pemakainya seolah terlihat memiliki jari-jari yang besar. Hal ini ternyata bukan tanpa tujuan didesain agak melebar dengan maksud memudahkan kiper memegang bola. Biasanya bagian jari jempol agak lentur sehingga memberikan cengkeraman yang kuat setiap kali memegang bola, baik untuk dilempar maupun ditendang.

  • Kemudahan untuk melempar bola,

Melempar bola sering dilakukan oleh kiper, maupun pemain sepakbola yang kebetulan tengah melakukan tendangan sudut. Tentunya pemain sepakbola tidak sesering kiper pada saat melempar bola dengan tangan. Lemparan ini bertujuan untuk menyerahkan bola yang tadinya di kawal lawan sampai ke gawang kepada pemain satu tim. Melempar bola sepak ini ternyata tidak mudah, selain butuh tenaga ekstra juga memerlukan tangan yang teksturnya pas. Maka disinilah peran sarung tangan kiper yang membantu melempar bola dengan mudah dan terlempar jauh.

  • Memberi kemudahan menangkap bola,

Desain yang membuat sarung tangan ini mampu mencengkeram bola dengan baik ketimbang dengan tangan kosong. Sudah tentu akan membantu sang kiper mengamankan gawang yang dijaganya dari serangan tim lawan. Sarung tangan ini memungkinkan kiper memiliki kemampuan menangkap bola dengan baik karena memang permukaannya lebih luas dan mampu mencengkeram bola yang datang dengan sigap. Asalkan memilih sarung tangan yang pas dengan kebutuhan maka dijamin tim lawan akan sulit membobol gawang yang dijaga.

  • Melindungi tangan saat berinteraksi dengan bola,

Kiper memiliki resiko cedera pada tangan karena perlu menangkap bola yang bergerak karena ditendang oleh pemain dari tim lawan. Bola yang bergerak ini ketika ditangkap dengan tangan kosong dijamin akan terasa panas sehingga bisa melukai telapak tangan. Maka usahakan untuk selalu memakai sarung tangan khusus supaya selama bertanding tangan kiper tetap terlindungi. Bukan hanya membantu melindungi gawang dari bola yang dikirim lawan saja, sarung tangan kiper juga menjadi perlengkapan safety yang tidak boleh diabaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *