Teknik Penangkapan Bola Ala Kiper Futsal Handal yang Wajib Anda Ketahui

Dalam permainan sepak bola atau futsal seorang kiper atau penjaga gawang mempunyai peranan yang sangat penting. Karena sekarang dapat dibayangkan sendiri apa jadinya sepak bola jika tidak ada penjaga gawang tentunya bola akan mudah sekali masuk. Walaupun hanya sebagai kiper futsal yang ukuran lapangannya lebih kecil dari pada sepak bola Anda tetap harus menguasai beberapa teknik dasar supaya lebih jago. Misalnya dari teknik menendang, menangkap, melempar ataupun jenis teknik lainnya yang sering digunakan oleh seorang kiper.

Bagi Anda yang menginginkan untuk menjadi kiper yang handal bisa mencoba beberapa teknik tangkapan yang ada dibawah ini yaitu:

  • Tangkapan bola atas.

Untuk melakukan teknik penangkapan ini Anda juga harus melihat terlebih dahulu jika bola berada pada arahan tepat diatas pinggang dan kepala dari kiper. Untuk cara menangkapnya pastikan jari mengelilingi bola dan membentuk seperti huruf W dibagian belakang bola. Jika Anda sudah dapat mempraktikkan teknik tersebut dengan tepat Anda sudah bisa dikatakan sebagai calon kiper handal.

  • Tangkapan bola dari bawah.

Setelah melakukan teknik penangkapan dari atas saatnya Anda melatih diri untuk menangkap bola yang menuju gawang dengan posisi yang berada dibawah. Pastikan posisi telapak tangan Anda berasa dibelakang bola dan saat menangkap jari Anda harus turun bersamaan dengan arah bola. Posisikan badan maju kearah depan dan berada diantara bola dan gawang, kaki sambil dibuka lebar sebahu dan posisi badan dibungkukkan.

  • Menepis bola.

Tidak jarang koper melemah ketika ada tendangan kencang yang menuju gawang dengan jarak yang cukup dekat. Sebagai seorang kiper futsal yang professional Anda harus berani dan pintar menutup setiap sudut gawang dengan akurat dan menepis bola. Teknik ini dapat bantu dengan menggunakan tangan, kaki dan juga badan Anda dalam posisi yang benar.

  • Penangkapan dan menjatuhkan badan.

Posisi berbeda lagi pada saat terjadi arahan bola yang mendatar, baik itu berada pada sebelah kanan ataupun kiri Anda. Posisi seperti itu mau tidak mau harus berani mengambil resiko untuk menjatuhkan badan supaya bola tidak masuk pada gawang yang Anda jaga. Lalu untuk melakukan penangkapan tersebut juga memerlukan kecepatan kaki dan juga melangkah yang lebih cepat dari pada laju bola.

Nah, dari beberapa jenis tangkapan diatas harus Anda kuasai terlebih dahulu untuk menjadi seorang kiper yang handal. Sebenarnya dalam pertandingan bola yang diperlukan bukan hanya teknik penangkapan atau teknik pelemparan yang tepat tetapi juga mental dan kondisi fisik kiper. Sehandal apapun seorang kiper futsal tidak akan bisa melakukan pekerjaannya dengan baik jika tidak mempunyai mental dan kondisi badan yang tidak baik pula. Maka dari itu selain harus melatih teknik Anda juga harus menjaga kesehatan tubuh dan belajar untuk menentukan keputusan dengan cepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *