Tips Membuat Turnamen Futsal yang Sukses

Futsal merupakan cabang olahraga yang disadur dari sepakbola akan tetapi mempunyai beberapa perbedaan sendiri. Futsal ini sangat terkenal sebagai cabang olahraga sendiri karena lebih mudah dimainkan dan juga terdapat berbagai keuntungan lainnya. Tidak hanya dipertandingkan di ajang olahraga internasional biasanya juga ada turnamen futsal yang banyak dibuat oleh masyarakat sebagai salah satu pertandingan atau malah menjadi satu-satunya cabang olahraga yang dipertandingkan dalam turnamen tersebut. Bagi Anda yang akan mempunyai turnamen cabang olahraga ini bisa untuk memperhatikan beberapa hal berikut agar turnamennya menjadi sukses yaitu:

Baca juga: Ingin Lolos Menjadi Pemain Futsal Indonesia? Simak Tips Berikut Ini!

  • Perhatikan skala turnamen

Langkah pertama adalah dengan memperhatikan skala dari turnamen tersebut apakah kecil atau besar. Biasanya turnamen tersebut bisa diadakan dalam skala sekolah saat class meeting misalnya, bisa juga ketika ada pertandingan persahabatan di kampus antar jurusan, satu jurusan sendiri, fakultas, hingga tingkat kampus. Atau juga ada turnamen yang diadakan dalam tingkat besar yaitu sudah tingkat nasional, daerah, provinsi, hingga internasional. Skala ini sangat penting untuk diperhitungkan karena nantinya juga akan membuat pertimbangan untuk berbagai hal lainnya. Buatlah skala turnamen yang kembali lagi juga kepada tujuan dari dibuatnya turnamen tersebut.

  • Lapangan yang akan digunakan

Apabila ingin membuat sebuah turnamen futsal yang berhasil maka pastikan untuk memilih lapangan futsal yang baik dan layak digunakan. Pilih lapangan yang bagus seperti memperhatikan jaring dan pembatas lapangan, jumlah lapangan yang ada dalam gedung futsal, pencahayaan futsal di gedung tersebut, dan juga dari berbagai hal lainnya. Sehingga Anda bisa mendapatkan lapangan futsal yang sempurna dan cocok digunakan untuk turnamen yang akan diadakan dalam skala turnamen yang telah diputuskan sebelumnya.

  • Jadwal pertandingan

Ketika akan membuat turnamen, biasanya setelah menentukan skala pertandingannya maka pastikan juga untuk membuat jadwal pertandingan dengan tepat. Pastikan ada panitia untuk mengurus hal tersebut sehingga akan ada koordinasi dari berapa banyak tim yang akan bertanding, jadwal pertandingan hari pertama hingga final, jam pertandingan, dan juga berbagai koordinasi lainnya. Anda harus membuat jadwal tersebut dan mempersiapkannya dengan matang sehingga akan dapat sukses dan tidak kacau.

  • Hadiah turnamen

Ketika ada sebuah perlombaan, hadiah merupakan hal biasa dan harus ada sehingga juga harus dipertimbangkan. Hadiah turnamen futsal biasanya piala dan juga uang sehingga harus disiapkan sebelumnya. Berapa banyak uang yang akan diterima oleh juara 1, juara 2, dan juara 3. Uang hadiah tersebut bisa didapatkan dari uang pendaftaran dari setiap tim yang mendaftar untuk mengikuti turnamen tersebut. Tetapi ada juga dari sponsor yang berkenan untuk dapat mensponsori turnamen tersebut karena dapat menguntungkan. Oleh karena itulah tidak ada salahnya untuk mencari sponsor terlebih dahulu sebelum akan mengadakan event seperti turnamen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *