Menilik Hal yang Menarik dari Sepak Bola Indonesia

Sepak bola sudah tidak diragukan lagi sebagai cabang olahraga yang favorit di Indonesia. Hal tersebut bisa jadi karena secara umum cabang sepak bola memang terkenal di dunia dan merupakan cabang olahraga populer dari banyak negara. Sehingga tidak heran apabila di Indonesia sepak bola mempunyai euphoria yang sangat besar dan mempunyai banyak pecinta olahraga yang satu ini. Banyak masyarakat yang mengagumi sepakbola biasanya mempunyai tim kesayangan masing-masing yang bisa datang dari berbagai tim besar dunia seperti Inggris, Italia, Spanyol, dan berbagai negara yang terkenal dengan sepakbola lainnya. Akan tetapi setiap masyarakat juga tidak lupa untuk selalu mendukung timnas bola Indonesia apabila sedan bertanding.

Baca juga: Dunia Bola Indonesia: Sosok dan Karir Boaz Solossa

Setiap masyarakat biasanya akan mempunyai tim kesayangan yang ada di luar negeri seperti MU, Liverpool, Barcelona, Real Madrid, Inter Milan, dan berbagai tim lainnya. Mereka juga bisa untuk selalu mengikuti pertandingan dari tim kesayangannya dan rela begadang untuk menonton pertandingan karena banyak tv yang menyiarkan pertandingan tersebut tengah hari hingga dini hari. Akan tetapi selain menyukai tim dari luar negeri, masyarakat pecinta bola di Indonesia juga tidak ketinggalan untuk mendukung dan menyaksikan tim lokal kesayangannya. Selain tentunya timnas Indonesia yang akan selaku didukung oleh masyarakat. Selain mempunyai tim kesayangan lokal dan internasional tersebut terdapat beberapa hal menarik lainnya yang harus diketahui dari olahraga yang satu ini di Indonesia yaitu:

  • Penonton sebagai pemain ke 12

Penggemar bola Indonesia tidak segan untuk selalu datang dan mendukung tim bola kesayangannya ketika bertanding. Sehingga ketika yang bertanding penonton Indonesia tidak pernah kenal lelah dan selalu ikut ke kota manapun untuk mendukung tim kesayangan. Terlebih ketika timnas Indonesia yang bertanding maka semua rakyat Indonesia bersatu untuk memberikan dukungan kepada para pemain dengan salah satunya datang ke stadion. Karena hal tersebut penonton timnas selalu dijuluki sebagai pemain ke 12 yang memberikan efek positif yaitu semangat untuk pemain.

  • Komentator bola

Hal menarik lainnya apabila ada pertandingan tim bola di Indonesia adalah komentator. Komentator bola merupakan orang yang bertugas untuk memberikan laporan atau memberikan komentar selama pertandingan. Biasanya komentator bola ini mempunyai peran juga sebagai penyemangat penonton karena membuat jargon-jargon lucu dan tidak kaku seperti pada komentator bola di luar negeri.

  • Supporter yang loyal

Selain memberikan semangat ke lapangan secara langsung, penonton Indonesia juga sangat loyal. Supporter bola Indonesia dikenal selalu memberikan yang terbaik untuk timnas ataupun tim bola kesayangannya. Walaupun hal tersebut juga sering mengarah ke anarki dimana sering membuat tawuran tetapi hal tersebut menandakan keloyalan supporter bola yang tidak baik tentunya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *