Tips Lihai Bermain Futsal Indonesia untuk Pemula

Siapa saja pasti sudah pernah mendengar olahraga seperti futsal. Futsal merupakan olahraga sepak bola ruangan yang berkembang di Amerika Latin, namun sekarang futsal sudah berkembang dan menyebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Futsal Indonesia sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat perkotaan serta pedesaan. Apalagi di perkotaan. Olahraga ini dimainkan oleh seluruh tingkatan usia, mulai dari anak kecil hingga dewasa, para pekerja biasanya memainkan futsal bersama dengan rekan kantor.

Walaupun demikian, tidak semua orang gemar melakukan futsal ini, pada awalnya mereka hanya sekedar mencoba. Ada beberapa tips untuk pemula ketika melakukan olahraga futsal. pertama, melakukan pemanasan. Di dalam olahraga apapun, pemanasan harus dan penting dilakukan. Pemanasan dilakukan agar otot tidak kaku ketika bermain futsal yang memerlukan banyak gerakan seperti mengumpan, berlari, menendang. Lakukan pemanasan seperti olahraga yang lain dengan waktu kurang lebih 10 menit. Lebih baik Anda fokus melakukan pemanasan di bagian kaki.

Kedua, mengumpan secara akurat dan tepat. Dalam futsal Indonesia, sama seperti futsal di negara lain yakni melakukan umpanan. Dalam bermain futsal ini, mengumpan adalah bagian yang tidak terpisahkan. Bahkan mengumpan adalah sebuah elemen penting ketika memainkan olahraga futsal. Untuk para pemula, Anda bisa mencoba mengumpan menggunakan kaki dalam. Umpan yang keras dan baik sangat diperlukan, namun sebagai awalan, Anda cukup mengumpan dengan tepat ke arah teman.

Ketiga, tendang bola dengan sekencang mungkin. Menendang merupakan kemampuan yang harus dimiliki karena futsal ditentukan dengan jumlah gol. Jika semakin banyak tim Anda mencetak gol, akan menjadi semakin besar juga peluang untuk memenangkan pertandingan futsal. Banyak teknik tendangan bola yang bisa diikuti mulai dari kaki bagian luar, dalam hingga ujung kaki atau yang lebih dikenal dengan istilah concong. Untuk pemula, Anda bisa terus menendang gawang lawan dengan sekencang mungkin, entah ingin menggunakan kaki bagian mana, Anda harus berusaha menendang ke gawang. Sering berlatih rutin, Anda bisa menemukan bagian yang tepat untuk menendang bola.

Berikut beberapa tips latihan kontrol bola yang tepat saat bermain futsal Indonesia, antara lain:

  • Perbanyak latihan sendiri selain melakukan latihan bersama dengan tim. Latihan ini bisa meningkatkan skill kontrol bola Anda,
  • Anda bisa mempersiapkan diri dengan mengontrol bola di berbagai macam situasi dari berbagai latihan yang sudah dijalani,
  • Mengontrol bola di jarak dekat sangat mendasar di dalam permainan futsal, untuk menguasai teknik ini, Anda harus mau berlatih setiap hari, metode berlatih yang baik ialah berdiri di depan tembok dan berlatih menendang bola ke tembok. Gunakan kedua kaki bergantian untuk menerima tenaga dari pantulan,
  • Saat Anda menerima pantulan bola, bersiaplah untuk mengontrol bola. Pelajari lagi seperti apa tubuh Anda bergerak untuk menerima bola.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *