Jenis Pelanggaran dan Hukuman yang Harus Diketahui Pemain Futsal

Setiap olahraga mempunyai aturan yang ada dan harus dituruti untuk membuat permainan dapat berjalan lancar. Apabila ada sebuah hal yang tidak sesuai dengan aturan tersebut maka biasanya wasit akan mengeluarkan peringatan seperti kartu kuning atau peringatan untuk memperingatkan pemain. Di dalam futsal juga ada beberapa aturan yang harus dituruti oleh pemain futsal agar tidak mendapatkan peringatan. Bagi pemain juga harus memahami aturan dasar sehingga tidak membuatnya terkena masalah dan bisa untuk dikeluarkan dari pertandingan futsal. Dimana ada beberapa jenis pelanggan dan hukuman yang ada dalam futsal misalnya sebagai berikut:

Baca juga: Trik Pemain Futsal Dalam Menjaga Ruang

  • Melakukan perilaku dan perkataan yang tidak baik

Jenis pelanggaran yang harus dihindari oleh semua pemain ketika bermain futsal adalah untuk menjaga sikap. Bagi pemain tidak boleh untuk melakukan perilaku yang tidak baik sehingga bisa menyebabkan terkena masalah. Selain dari sikap dan perilaku yang tidak baik hal yang harus dihindari lainnya adalah dengan mengeluarkan perkataan yang tidak baik selama pertandingan. Pemain tidak boleh untuk menghina pemain lawan, tim manajemen lawan, melakukan hal yang berbau SARA, melecehkan, dan juga hal lainnya. Sehingga bagi pemain yang melakukan hal tersebut akan mendapatkan hukuman dengan diberi kartu kuning hingga di usir dari lapangan dengan diberikan kartu merah.

  • Mengulur-ulur waktu

Cara ini merupakan salah satu agar tim yang sudah memimpin dapat menang sehingga banyak pemain futsal melakukan taktik untuk dapat mengulur-ulur waktu. Apabila sudah keterlaluan dan terlihat mengulur-ulur waktu dengan sengaja maka pemain tersebut akan diberikan peringatan karena melanggar aturan. Dan apabila melakukan cara mengulur waktu yang keterlaluan juga akan membuatnya terkena kartu sebagai peringatan.

  • Masuk dan meninggalkan lapangan tanpa seizin wasit

Pelanggaran lainnya adalah dengan meninggalkan dan masuk kembali ke lapangan tanpa seizin wasit. Bagi pemain yang ingin masuk dan keluar harus menunggu ijin wasit yaitu dengan wasit telah meniup peluitnya sehingga bisa menjadi isyarat untuk pemain dapat keluar dan masuk ke pertandingan. Selain itu bagi pemain yang tiba-tiba keluar dari lapangan ketika jalannya pertandingan wasit bisa untuk memberikan peringatan dengan mengeluarkan kartu.

  • Membahayakan lawan

Dan jenis pelanggaran lainnya yang harus dihindari oleh pemain futsal ketika bertanding adalah gerakan-gerakan yang dapat membahayakan lawan. Misalnya saja gerakan kaki yang diangkat terlalu tinggi saat akan merebut bola yang mempunyai potensial membahayakan sebaiknya dihindari. Karena hal tersebut dianggap tidak sportif dan dianggap tindak kesengajaan untuk dapat melukai lawan. Oleh karena itulah bagi pemain sebaiknya menghindari hal tersebut apabila tidak ingin diberikan peringatan oleh wasit dengan diberikan kartu kuning bahkan juga kartu merah apabila telah dilakukan berkali-kali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *