Ini Dia Empat Poin Perbedaan Bermain Futsal dan Sepakbola yang Harus Anda Ketahui

Sekarang ini futsal merupakan olahraga yang sangat disenangi oleh masyarakat. Dimana banyak masyarakat terutama pria yang menyempatkan waktunya untuk bermain futsal secara rutin. Futsal sendiri merupakan olahraga yang hampir sama dengan sepakbola. Atau boleh dikatakan merupakan versi mini dari sepakbola karena untuk cara permainannya sendiri sama dengan cara sepakbola yang mengolah bola bundar tersebut. Kemenangan di tentukan oleh jumlah gol terbanyak sebuah tim yang bertanding dan juga pemimpin pertandingannya adalah wasit sepakbola yang berhak untuk mengatur permainan. Untuk memainkan permainan futsal dan sepakbola sendiri juga sama yaitu dengan kaki dan tidak boleh menyentuh tangan. Akan tetapi diantara kesamaan tersebut, ada beberapa perbedaan yang ada antara futsal dan juga sepakbola. Dimana perbedaan futsal dan permainan sepakbola adalah beberapa poin di bawah ini:

  • Membutuhkan lapangan yang lebih kecil

Permainan sepakbola seperti yang dapat dilihat membutuhkan lapangan yang sangat besar. Luas lapangan tersebut biasanya membutuhkan luas stadion yang di dalamnya lapangan sepakbola merupakan lapangan yang paling luas daripada olahraga lainnya. Sedangkan untuk lapangan futsal sendiri seperti yang telah diketahui oleh penggemarnya mempunyai lapangan yang jauh lebih kecil. Hal tersebut tentu saja memberikan keuntungan dengan jarak yang dirasakan oleh pemain akan sangat terasa. Untuk pemain futsal hanya perlu untuk berlari dengan jarak pendek sedangkan pemain sepakbola perlu tenaga lebih ekstra dengan jarak lapangan yang sangat luas.

  • Jumlah pemain yang berbeda

Perbedaan lainnya yang bisa dirasakan ketika bermain futsal dan sepakbola adalah mengenai jumlah pemain yang ada. Untuk jumlah pemain sepakbola dalam satu timnya berjumlah 11 orang dan mempunyai beberapa cadangan. Sedangkan untuk tim futsal hanya membutuhkan 5 orang saja dalam satu timnya. Dimana untuk tim futsal dan sepakbola biasanya sama ada yang bertindak sebagai kapten, penjaga gawang, striker, penjaga belakang, tetapi dengan jumlah yang berbeda.

  • Waktu pertandingan

Waktu pertandingan dari sepakbola dan futsal juga berbeda. Dimana untuk sepakbola telah yang diketahui oleh banyak orang adalah mempunyai waktu 90 menit untuk waktu normal. Dan kemudian ada babak tambahan apabila diharuskan, dan apabila masih belum bisa menentukan pemenang akan dilanjutkan dengan babak pinalti. Sedangkan untuk permainan futsal hanya membutuhkan waktu lebih pendek yaitu 20 menit setiap babaknya dan mempunyai dua babak.

  • Tempat pertandingan

Dan perbedaan yang terakhir dari bermain futsal dan sepakbola adalah tempatnya. Untuk memainkan sepakbola pada umumnya menggunakan lapangan terbuka baik itu lapangan di kompleks ataupun di stadion. Sedangkan untuk olahraga futsal karena hanya membutuhkan lapangan dengan luas yang kecil biasanya banyak lapangan futsal di dalam ruangan. Dan dapat dilakukan kapan saja baik setelah bekerja ketika malam hari atau ketika hari libur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *