Empat Peraturan Umum untuk Lapangan Futsal

Lapangan merupakan tempat yang digunakan untuk beragam aktivitas tetapi pada dasarnya untuk tempat sport. Misalnya ada jenis lapangan softball, lapangan basket, lapangan sepakbola, lapangan voli, hingga lapangan futsal. Dimana untuk setiap lapangan biasanya mempunyai peraturan yang berbeda-beda dari luas lapangan tersebut, aturan mengenai garis lapangan, isi apa saja lapangan tersebut, dan masih banyak lainnya. Untuk lapangan yang digunakan futsal banyak orang yang sudah mengetahui bahwa lapangan tersebut mempunyai beberapa aturan yaitu ada dua gawang yang ada sama halnya dengan lapangan sepakbola. Tetapi pada dasarnya ada perbedaan yang mendasar mengenai lapangan sepakbola dan juga futsal. Lapangan yang digunakan untuk futsal misalnya mempunyai beberapa aturan umum seperti berikut ini:

  • Ukuran lapangan

Untuk aturan umum pada lapangan yang digunakan untuk futsal adalah dari ukurannya. Ukuran lapangan ini dibedakan dari sifat pertandingannya apakah digunakan untuk pertandingan internasional, nasional, atau untuk bermain futsal biasa. Beberapa aturan umum dari ukuran lapangan untuk futsal ini adalah sebagai berikut:

  • Lapangan ini harus mempunyai panjang garis samping yang lebih panjang dari garis gawangnya.
  • Mempunyai garis lapangan dengan lebar 8 cm.
  • Pertandingan internasional membutuhkan lapangan dengan panjang minimalnya 38-42 m dengan lebar 20-25 m.
  • Pertandingan bukan internasional membutuhkan lapangan panjang 25-42 m dengan lebar 16-25 m,
  • Daerah pinalti

Untuk aturan lapangan futsal yang kedua adalah didapatkan dari aturan mengenai daerah pinalti. Dimana ada beberapa garis besar untuk aturan ini yaitu sebagai berikut:

  • Mempunyai dua garis lingkaran yang mempunyai jarak dari gawang masing-masingnya sebesar 6 meter.
  • Di daerah pinalti tersebut dibuat titik yang dibuat sebagai tanda untuk tempat bola ketika ada pinalti.
  • Untuk titik penalti yang kedua jaraknya adalah 10 meter dari gawang tim.
  • Sedangkan untuk tendangan sudutnya mempunyai tanda dengan lebar 25 cm yang ada di sudut lapangan.
  • Aturan mengenai gawang

Dan peraturan selanjutnya mengenai lapangan untuk futsal ini adalah mengenai gawang yang akan digunakan. Seperti pada olahraga sepakbola pada umumnya, gawang untuk futsal ini juga terletak di tengah-tengah garis gawang. Setiap tim mempunyai gawang sendiri dengan jaraknya adalah 3 meter dari setiap tiang gawang. Tali yang digunakan untuk gawang tersebut terbuat dari nilon dan untuk bahan lainnya seperti tiang gawang terbuat dari bahan yang stabil agar gawang tidak bergerak dengan mudah.

  • Permukaan lapangan

Dan aturan terakhir mengenai lapangan futsal adalah dari permukaannya. Dimana aturannya adalah menggunakan lapangan yang rata dan juga mulus. Sehingga tidak akan menghalangi pemain futsal untuk bergerak dengan lebih bebas. Lapangan tidak boleh bergelombang, kasar, dan mempunyai lubang karena dapat mengganggu dan tidak aman untuk pemain futsal. Lapangan yang digunakan menggunakan rumput sintetis untuk kompetisi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *