Persiapan Timnas Menuju Pertandingan Futsal Sea Games 2017

Pertandingan futsal – Setelah mengikuti  ajang futsal U-20 AFC beberapa waktu lalu, di Thailand. Timnas Futsal Indonesia, kembali akan mengikuti pertandingan futsal  internasional pada ajang SEA Games 2017 pada Juli Mendatang.

Manajemen Timnas Futsal Indonesia pun kembali memusatkan fokusnya, untuk menentukan dan menyeleksi para pemain-pemain yang ikut pada SEA Games 2017 nanti. Menurut kepala pelatih futsal Indonesia Vic Hermans, tanggal 3 Juli merupakan hari pertama Seleksi timnas futsal Indonesia.

Dalam seleksi ini, dirinya memanggil 31 pemain yang nantinya akan diciutkan menjadi 22 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan. Vic Hermans, akan memilih para pemain terbaiknya yang akan mengikuti pemusatan latihan.

Baca juga: 8 Jadwal Pertandingan Futsal Nasional

Untuk pemain yang mengikuti ajang AFF Futsal Club (2-8 Juli) dan AFC Futsal Club 2017 (20-30 Juli), Vic Hermans kemungkinan hanya akan memantau para pemain. Mereka yang tampil bagus di kedua ajang tersebut bakal langsung masuk ke dalam pemusatan latihan.

Di minggu-minggu pertama pemusatan latihan, skuat timnas futsal Indonesia akan difokuskan untuk membenahi fisik dan daya tahan tubuh.

Federasi Futsal Indonesia (FFI) rencananya akan mengumumkan secara resmi nama-nama skuad terbaiknya yang akan dipanggil untuk mengikuti seleksi Timnas Futsal Indonesia pada awal Juni mendatang.

Selain menyiapkan para pemain-pemain terbaiknya, pelatih timnas futsal Indonesia, Vic Hermans, pun berencana melakukan pertandingan futsal ujicoba di luar negeri, yakni di Belanda. Hal itu diungkapkan pelatih kepala Vic Hermans, yang menurutnya  

“Di Belanda fasilitasnya cukup bagus dan nantinya kami tidak hanya akan melawan tim dari Belanda saja, tapi juga dari Belgia dan Jerman,” kata Vic Hermans saat itu.

Uji coba ini diharapkan akan mengasah mental para pemain-pemain timnas futsal Indonesia nantinya untuk menghadapi laga-laga penting di ajang SEA Games 2017, yang akan diselenggarakan di Malaysia pada pertengahan Agustus mendatang.

Laga uji coba di Belanda ini, akan sangat penting bagi pola permainan timnas futsal Indonesia.

Pelatih kepala timnas futsal Indonesia, Vic Hermans, memuji & menaruh harapan yang cukup tinggi  kepada pasukan skuad garuda timnas futsal Indonesia pasca keberhasilan timnya menembus delapan besar di ajang AFC U-20 Futsal Championship 2017 lalu.

Menurut Vic Hermans, pembinaan futsal di level usia tidak ada artinya jika tanpa kompetisi. “Kalau Indonesia ingin bersaing dengan negara papan atas di futsal di masa depan, saya pikir kita harus membuat kompetisi di level usia,” tulis Vic Hermans dalam laman pribadinya, beberapa waktu lalu.

“Kamu tidak akan bisa bersaing tanpa kompetisi dan ujicoba internasional. Mari tunggu apakah mereka (Federasi Futsal Indonesia dan PSSI) mengikuti saran saya,” lanjutnya.

Setelah melakukan pertandingan  futsal di AFC U-20l, Vic Hermans bakal memfokuskan menyusun timnas jelang SEA Games 2017 di Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *