Tim Nasional Futsal Indonesia Memiliki Potensi Besar Mengembangkan Diri Dan Ini Harus Di Dukung Total

Futsal adalah sebuah permainan bola, namun berbeda dengan permainan sepak bola yang kita kenal. Permainan yang dimainkan oleh dua tim ini, memiliki masing-masing anggota 5 orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan. Dalam artikel ini kita akan membahas seputar tim futsal Indonesia, namun sebelumnya kita akan membahas terlebih dulu mengenai sejarah futsal. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Sejarah Permainan Futsal

Pertama kali futsal dipopularkan pada tahun 1930 di Montevideo Uruguay oleh Juan Carlos Ceriani. Uniknya permainan ini mendapat perhatian di seluruh wilayah Amerika Selatan, khususnya di Brasil. Permainan ini dikembangkan dengan keterampilan yang memukai, hal ini dapat dilihat dari gaya pemain terkenal dari Brasil dan sementara ini Brasil menjadi pusat futsal sedunia.

Olahraga futsal sekarang berada di bawah perlindungan Federation International Football Association. Pertandingan internasional futsal pertama kali diadakan di Uruguay pada tahun 1965 memperebutkan piala Amerika selatan. Pertandingan tersebut diselenggarakan sampai tahun 1979 dan semua gelaran juara disapu bersih dimenangkanoleh Brasil.

Brasil mendominasi meraih piala Pan Amerika tahun 1980, lalu memenangkan pertandingan berikutnya tahun 1984.

Tim Nasional Indonesia

Sejarah futsal di Indonesia juga mengalami perkembangan. Salah satunya yang akan kita bahas sekarang adalah tim nasional futsal Indonesia. Sudah sebanyak 7 kali kejuaraan Futsal AFF dan 6 kali kejuaraan Futsal AFC yang sudah diikuti oleh tim nasional. Keberhasilan tim nasional menjuarai perlombaan futsal adalah pada Kejuaraan Futsal AFF pada tahun 2010 yang diselenggarakan di Vietnam.

Tim yang bernama “Pasukan Garuda” ini selalu konsisten mengikuti kejuaraan Piala Futsal Asia sejak tahun 2002. Dan hanya satu kali tidak lolos pada tahun 2007 di Jepang. Selain itu tim nasional futsal Pasukan Garuda pernah tidak lolos di Piala Futsal Asia pada tahun 2016 yang diadakan di Uzbekistan karena pada waktu kualifikasi tahun 2015 PSSI mendapatkan saksi dari FIFA yang mengakibatkan timnas Indonesia dilarang bertanding di negara lain, termasuk tim nasional futsal.

Setelah menjadi juara Asia tenggara, tim nasional semakin menunjukkan perkembangan yang siginifikan. Tercatat pada tahun 2014 pada pertandingan Piala Asia di Vietnam, pasukan Merah Putih nyaris lolos dari fase grup dan ini merupakan pertamakalinya dalamsepanjang sejarah keikutsertaan perlombaan di Piala Futsal se Asia. Begitu juga pada Piala AFF pada tahun 2014 di Malaysia, tim nyaris lolos ke partai puncak namun dikalahkan oleh Thailand dengan skor 1-0.

Padahal sebelumnya tim futsal Indonesia berhasil mengalahkan tim futsal dari Australia dengan skor 4-1. Jika dicermati timnas Indonesia memiliki potensi yang besar melangkah ke pentas pertandingan dunia. Semoga PSSI melihat potensi besar dan dengan serius mengembangkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *