Trik Pemain Futsal Dalam Menjaga Ruang

Pemain futsal – Tak bisa dipungkiri lagi kalau seorang pemain futsal harus mempunyai skil dan performa yang harus prima dalam sebuah pertandingan. Di sebuah pertandingan resmi, Anda sebagai pemain harus mempunyai tahapan-tahapan dasar dalam menjaga permainan menjadi lebih enak dilihat, dan menjaga kekompakan satu tim.

Di bawah ini kami akan berikan trik khusus pemain futsal dalam menjaga ruang, agar Anda tidak kehilangan bola juga menimilisir gol yang masuk ke jala gawang anda.

1) Pola pertahanan dengan “ Man to Man “

Man to man artinya pertahanan  satu lawan satu yang dilakukan didaerah pertahanan. Setiap pemain menjaga satu pemain lawan baik pada saat membawa bola maupun tidak membawa bola. Setiap lawan dijaga dan harus dikawal dengan ketat kemanapun dia bergerak di dalam daerah yang harus dipertahankan. Jika pemain penyerang keluar dari daerah yang dijaganya, maka menjaga bukan tugasnya lagi. Akan tetapi, penjaga tersebut harus selalu siap dan waspada terhadap kemungkinan adanya pemain lain yang masuk kedaerah yang dijaganya.

2) Pola pertahanan daerah ( Zone Marking)

Pola pertahanan Zone Marking adalah bertahan di daerahnya sendiri dengan cara membentuk formasi. Prinsip pertahanan zone marking adalah sebagai berikut:

   Dibutuhkan kerjasama tim yang baik.

   Dapat menghambat gerakan pemain penyerang.

   Mengamankan daerah pertahanan dari tekanan serangan lawan.

   Pola pertahanan harus berlapis sehingga sulit ditembus penyerang lawan

   Pola penyerangan harus membentuk formasi yangkokoh.

   Pertahanan harus dapat mendorong pemain lawan untuk kembali kedaerah sendiri.

3) Pola pertahanan Kombinasi “ Man to Man & Zone Marking”

Pola pertahanan ini adalah pola pertahanan yang paling kompleks. Artinya setiap pemain menjaga lawannya dan dengan tiba-tiba berpindah tempat.dan kemudian tugasnya diserahkan kepada temannya yanglebih dekat. Pertahanan ini membutuhkan  koordinasi yang baikn antar pemain dan ada tanggung jawab pemain perlini akan daerahnya masing-masing.

Contoh formasi pemain futsal  untuk pertahanan adalah 1-3-1 Artinya 3 pemain belakang yang bertugas melakukan pertahanan, pemain depan juga bertugas menjadi penghubung antara pemain pertahanan dengan pemain penyerang yang tempatnya berada di depan.

4.)Pola mencari ruang kosong

Seorang pemain futsal harus pandai dalam mencari ruang kosong atau melepaskan diri dari penjagaan lawan. Hal ini bertujuan agar dapat melakukan operan-operan terobosan untuk melancarkan penyerangan.

Penyerangan bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya. Pola penyerangan dapat dijalankan oleh suatu kesebelasan apabila mereka sedang mengendalikan permainan di lapangan. Tajamnya serangan dapat menentukan keberhasilan kesebelasan tersebut, baik secara individu maupun kerjasama tim. Selain itu, yang diperlukan dalam meyususn pola penyerangan adalah sebagaiberikut:

1) Adanya pemain yang bertugas sebagai pengatur serangan.

2) Adanya pemain yang bertugas sebagai pembantu serangan.

3) Adanya pemain yang bertugas sebagai penembak utama untuk mencetak gol (gol getter).

4) Adanya pemain yang bertugas sebagai pemancing lawan bertahan, agar teman satu tim dapat menerobos ke daerah lawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *