Pemain Futsal Terbaik Asia, Ali Asghar Hasanzadeh

Pemain futsal —– ┬áPemain tim nasional futsal Iran, Ali Asghar Hasanzadeh terpilih sebagai pemain terbaik futsal Asia beberapa waktu lalu. Ali Asghar pun meraih penghargaan pemian terbaik Asia untuk kedua kalinya setelah sebelumnya diraih pada tahun 2014. Kiprah dan prestasinya di timnas futsal Iran finish diperingkat ketiga di Piala Dunia Futsal 2016 membuat dirinya memang layak menjadi pemain futsal terbaik Asia.

Di Piala Dunia Futsal sendiri, pemain futsal asal Iran ini, Ali Asghar mencetak 5 gol termasuk saat ia bersama timnya mampu menyingkirkan tim Brasil dibabak 16 besar. Ali Asghar juga sukses membawa negaranya, Iran menjadi juara Piala Futsal Asia 2016 di Uzbekistan Di ajang tersebut Ali Asghar  mencetak 7 gol dan menjadi pemain terbaik diturnamen tersebut.

Berikut ini, sosok dan karir Ali Asghar Hasanzadeh:

Ali Asghar Hassanzadeh Navligh lahir pada 2 November 1987 di, Qom, Iran adalah pemain futsal Iran. Dia adalah seorang striker, dan saat ini menjadi anggota Giti Pasand di Liga Super Futsal Iran dan tim futsal nasional Iran. Dia pernah menjadi Pemain Futsal terbaik dalam AFC of the Year pada tahun 2014 dan merupakan calon Pemain Sepak Bola Dunia Terbaik Tahun 2015.

Lahir di Qom, Hassanzadeh mulai bermain untuk klub lokalnya Eram Kish Qom dan menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan klub tersebut pada 2004. Pada musim pertamanya bersama klub, Eram membawa klubnya di runner-up di liga.

Pada musim panas tahun 2009 Hassanzadeh meninggalkan Eram dan menandatangani kontrak dengan  klub juara, yakni Foolad Mahan. Di musim pertamanya bersama klub Foolad ia memenangkan liga dan Kejuaraan Klub Futsal AFC 2010.

Pada tahun 2011, Hassanzadeh dipinjamkan ke tim Qatari Al Rayyan selama Kejuaraan Klub Futsal AFC 2011, dia adalah pencetak gol terbanyak turnamen dengan sepuluh gol dan membantu Al Rayyan di posisi ke empat.

Pada tahun 2012, Hassanzadeh kembali ke Qom dan menandatangani kontrak dengan Saba Qom di mana ia memenangkan liga di musim 2012-2013 dan juga dinobatkan sebagai top skorer liga untuk pertama kalinya, dengan 28 gol dalam 24 pertandingan.

Pada tahun 2013 Hassanzadeh menerima tawaran dari klub Rusia MFK Norilsk Nickel menjadi satu dari tiga pemain Iran yang bermain untuk klub tersebut. Hassanzadeh mencetak 8 gol dalam 10 pertandingan untuk klub tersebut.

Hassanzadeh memulai debutnya dengan tim futsal nasional Iran pada tahun 2005 dan memenangkan Kejuaraan Futsal AFC untuk pertama kalinya di tahun 2008. Hassanzadeh memenangkan turnamen tersebut dengan Iran lagi pada tahun 2010 dan 2016 dan menyelesaikan runner up pada tahun 2014, dia ditunjuk sebagai pemain terbaik di Turnamen 2014 dan 2016. Hassanzadeh telah tampil di tiga Piala Dunia bersama Iran (2008, 2012, dan 2016), yang paling terkenal di antaranya adalah 2016 di mana Hassanzadeh mencetak gol dalam putaran 16 besar saat melawan Brasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *