Trik Futsal Untuk Pemain Bertahan

Trik futsal —- Permainan futsal memang hanya terdiri dari 5 orang yang masing-masing memiliki tugas ganda dalam menyuplai bola ke arah lawan, juga menjaga area pertahanan dari lawan. Di sinilah menariknya permainan futsal, setiap pemain bisa merubah posisi-posisi mereka. Mereka harus bisa menjadi penyerang, gelandang, dan bahkan menjadi seorang bek.

Di bawah ini, kami akan bagikan trik futsal untuk pemain bertahan dalam sebuah pertandingan futsal. Pemain yang notabena adalah posisi kunci sebuah pertandingan futsal, karena bertugas menjaga serangan-serangan penyerang lawan ke area mereka.

  • Mengatur rekan satu tim dalam melakukan marking

Sebagai pemain yang berada di paling belakang, pemain yang berposisi bek  memiliki sudut pandang terluas, dan dapat memberikan instruksi supaya rekan-rekannya dapat bertahan dengan baik.

Apabila ia bergerak maju, pemain lawan bisa saja terpancing untuk melakukan pressing. Hal ini dapat menyebabkan pemain lawan memiliki ruang yang sangat luas di sisi kiri lapangan, dan apabila lawan berhasil mengalirkan bola kepada pemain satunya lagi, maka terciptalah peluang untuk mencetak gol. Pemain lawan mungkin tidak dapat melihat pemain lainnya di belakang mereka, namun pemain belakang dapat memperingatkan rekan setimnya akan ancaman yang ada.

Cukup berikan instruksi yang singkat dan jelas seperti “Kawan, jaga pemain di kiri belakang anda”. Maka pemain setim Anda akan menjaga posisinya, dan pemain lawan (seharusnya) akan melakukan pressing pada pemain lainnya. Tidak perlu pakai emosi / amarah.

Apabila pemain bertahan dapat melakukan komunikasi dan memberikan instruksi dengan baik, maka sebuah tim akan menjadi sangat kuat dan sulit dikalahkan.

  • Meminta bantuan kepada penyerang untuk membantu pertahanan

Repliegues ialah gerakan cepat yang membutuhkan bantuan dari pemain depan kita untuk ikut menjaga pertahanan ketika kita diserang oleh lawan. Ada 2 gerakan yang bisa digunakan yaitu, pemain berkumpul atau mengelilingi lawan yang sedang menguasai bola (repliegue centrado) yang bertujuan agar pemain lawan yang menguasai bola tidak bisa mengoper atau menendang langsung ke gawang sehingga bolanya bisa kita rebut secepatnya. Gerakan lainnya yaitu dua pemain bertahan secara sejajar di lini pertahanan menutup gerakan pemain lawan dan langsung merebut bola.

  • Trik Futsal dalam Formasi pertahanan

(Formasi 2-2)

Formasi pertahanan 2-2 merupakan formasi paling dasar didalam bermain futsal (2 bek, 2 penyerang). Formasi ini biasanya digunakan disetengah lapangan kita sendiri, yaitu ketika pemain lawan menguasai bola semua pemain kita segera membentuk formasi 2-2. ketika bola dioper oleh lawan maka posisi pemain cepat berubah menjadi 2-1 dimana satu orang pemain mendekati bola (berusaha merebutnya) sedangkan dua pemain lainnya melakukan covering. Satu pemain sisanya turun kedaerah pertahanan paling belakang dan menjadi tameng terakhir tim. Dengan begini biasanya lawan jadi kesulitan dalam mengoper dan melakukan serangan, biasanya mereka mengoper ke pemain belakangnya atau terburu-buru mengoper sehingga dengan mudah dapat kita rebut bolanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *