Trik Futsal Dribble & Melewati Lawan Dengan Mudah

Trik futsal — Futsal adalah permainan yang membutuhkan kecepatan saat membawa bola, teknik yang cekatan dan mampu mengontrol bola dengan cepat. Namun bagi Anda yang masih amatir dalam bermain futsal jangan khawatir, karena di bawah ini kami akan bagikan tips yang sering direkomendasikan oleh para ahli dan pemain futsal internasional, yakni tips dribble & melewati lawan dengan mudah. Simak ulasannya sebagai berikut.

Dribble merupakan cara membawa bola dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kaki kita sebagai pengontrol. Lionel Messi saat ini disebut-sebut sebagai pemain dengan kemampuan dribble luar biasa.

Baca juga: Inilah Beberapa Trik dan Tips Futsal yang Patut Anda Coba!

Jika Anda perhatikan, selain Messi, Andres Iniesta mampu men-dribble bola seperti pemain basket saat men-dribble bola basket. Pandangan mata Iniesta sudah tak mengarah ke bola namun bisa memperhatikan kaki-kaki lawan. Untuk pemain dengan level seperti ini tentu dibutuhkan latihan selama bertahun-tahun.

Teknik & trik futsal ini biasanya divariasi dengan trick untuk mengecoh lawan, karena tujuan dribble biasanya sekaligus melewati lawan. Kombinasi teknik dibbling biasanya dipadu dengan teknik Pedalada (step over), Rabona, Pele runaround move, Cruijff turn, roulette, maupun Trivela

Berikut sebuah contoh cara mendribble bola. Pergunakan bagian dalam kaki dan sol sepatu untuk mengatur aliran laju bola, dan divariasi dengan bagian luar sepatu. Ulangi berkali-kali, Anda pasti bakal jago menggocek bola.

Tips & trik futsal, mengenai sikap tubuh saat dribbling futsal:

SIKAP tubuh saat pertandingan sangat menentukan permainan kita. Kita tak bisa memantau peluang yang sangat kecil jika tak mengarahkan pandangan ke sekitar. Peluang ruang yang terbuka, posisi lawan yang renggang dan rekan yang lowong, serta posisi kita sendiri, akan mudah terpantau dalam sikap look up (melihat ke atas). Lakukan sebagaimana berikut:

  1. Usahakan postur tubuh tegak (antara 90-120 derajat).
  1. Jaga bola dekat kaki yang menggiring antara 0-30 cm saja.
  1. Lihat bola dengan sedikit melirik ke bawah, cukup gerakkan mata saja saat melihat sekitar, sementara kepala tetap diam dalam posisi tegap. Jangan sampai ikut-ikutan menunduk karena akan memperpendek jarak pandang kita. Perhatikan ilustrasi berikut:
  1. Sadari bahwa kebanyakan pemain lawan menunduk memperhatikan bola. Sekali-kali amati arah pandangan pemain lawan ini, mereka tak akan sadar kalau Anda melihat arah mata mereka. Anda senyum atau membuat ekspresi aneh sekalipun, mereka tak mempedulikannya, bahkan tak sadar. Hal ini menimbulkan kepercayaan diri untuk mengecoh lawan karena mereka tak akan tahu apa yang akan kita lakukan. Sangat manjur tiap kali saya terapkan sendiri.
  1. Latih kemampuan melakukan gerakan tiba-tiba tanpa membuang bola terlalu jauh sehingga bisa kita kejar.
  1. Biasakan berlari dengan kaki rapat dalam kecepatan yang lambat, seperti berjalan dengan bola, untuk kemudian melakukan gerak cepat dengan berlari sprint sambil membawa bola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *