Berita Futsal Internasional: Sosok dan Karir Ricardinho (Pemain Terbaik Dunia Futsal)

Berita Futsal — Ricardo Filipe da Silva Braga, lahir pada 3 September 1985 dikenal sebagai Ricardinho, adalah pemain futsal profesional asal Portugal yang bermain untuk klub Spanyol, Inter FS  dan tim nasional futsal Portugal sebagai pemain sayap. Ricardinho pernah meraih gelar pemain terbaik di dunia sebanyak 3 kali, dan berbagai gelar juara berhasil diraihnya di level klub. Ia adalah salah satu pemain terbaik dunia futsal, bersama Falcao sang dewa futsal.

Ricardinho dijuluki sebagai O Mágico (Penyihir), ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia oleh Planet Futsal pada tahun 2010, sebagai pemain Benfica, dan pada tahun 2014 dan 2015, sebagai pemain Inter FS.  Ricardinho adalah pemain futsal asal Portugal pertama dan satu-satunya yang menerima penghargaan tersebut.

Karir klub:

Berita Futsal — Ricardinho memulai karir futsalnya di Gramidense sebelum pindah ke Miramar sebagai seorang pemain futsal profesional. Dua tahun kemudian ia menandatangani kontrak untuk klub S.L. Benfica.

Ia dijuluki “sang Penyihir”, Ricardinho langsung memetik karir gemilang di ajang dunia futsal internasional dan menjadi favorit bagi para penggemarnya di seluruh dunia. Ia salah satu pemain yang penuh dengan intelegensia tinggi, kreatif dan berbudi luhur, permainannya memikat penggemar, namun demikian musim pertamanya di Benfica adalah sebuah kegagalan, secara internal. Saat berlangsungnya kejuaraan futsal pada tahun  2003/2004 klubnya kalah dari Sporting dan Piala Portugal dimenangkan oleh SL Olivais. Di Piala Futsal UEFA, bagaimanapun, klub Benfica dengan Ricardinho-nya sangatlah menonjol, melakukan perjalanan bersejarah ke final.

Musim berikut, semuanya berbeda dan pemain Benfica dengan nomor punggung 10 ini, membantu klubnya untuk memenangkan kejuaraan dengan kemenangan pada ajang Kejuaraan Nasional Futsal Portugal dan Piala Portugal pada tahuh 2004/2005, mengalahkan saingan abadi mereka, yakni Sporting dan mengalahkan Boavista di Piala Portugal, dengan skor 4- 1.

Musim 2005/2006 dimulai dengan kemenangan 5-5 (5-4 adu penalti) di Piala Super, namun akhirnya tidak menyelesaikan dengan cara terbaik dengan Benfica kehilangan dua kompetisi yang paling penting. Di final Piala, Benfica bahkan dikalahkan dengan cara yang ekspresif, dengan skor 5-9 di final yang dimainkan di Coimbra.

Dalam tiga musim berikutnya (2006/2007, 2007/2008 dan 2008/2009) Benfica memenangkan ajang penting futsal nasional, memenangkan 3 Kejuaraan Nasional, 2 Piala Portugis dan 2 Piala Super. Dilengkapi dengan tim yang sangat kuat yang terdiri dari pemain seperti Ricardinho, Arnaldo Pereira, Pedro Costa, Joel Queirós, César Paulo dll. Menjadi musim terbaik bagi klub yang dibela Ricardinho ini. Benfica, yang dilatih oleh mantan kapten André Lima mendapatkan piala juara Eropa, dengan kemenangan di Piala Futsal UEFA 2009/2010.

Di empat kompetisi terakhir, yang dimainkan di Pavilhão Atlântico di Lisbon, Ricardinho mencetak 2 gol yang sangat penting melawan Luparense Calcio dari Italia di babak akhir. Kemenangan 8-4 pada pertemuan ini memungkinkan Benfica mencetak kemenangan mereka di final pada event tersebut. Meski ia gagal mencetak gol, Ricardinho sangat menentukan dalam kemenangan Benfica di final melawan Interviú Madrid, 3-2, yang menjadikan Benfica sebagai klub Portugal pertama dan satu-satunya yang menjadi juara futsal Eropa. Nama Ricardinho sudah menjadi bagian yang tak terlupakan dalam sejarah futsal dunia, dan sosoknya selalu menjadi berita futsal internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *