Perlengkapan Futsal Untuk Pelatih dan Pemain Futsal

Perlengkapan futsal — Futsal adalah permainan yang menuntut pemainnya berfikir cepat, mempunyai stamina tinggi dan skill yang mumpuni. Untuk menjadi pemain futsal yang berkualitas dan hebat, ada banyak cara pastinya, selain kamu harus melatih skill futsalmu, kamu juga harus mementingkan segala aspek dalam permainan futsal, yakni mengenakan perangkat pendukung futsal.

Bukan hanya pemain futsal saja, yang harus mengenakan perlengkapan futsal, tapi pelatih dengan segudang juru taktiknya pun, harus mengenakan segala aspek pendukung perangkat futsal.

Untuk menjadi seorang pelatih yang bagus tidak lepas dari apa yang mereka meiliki. Seperti kemampuan melatih dan cara menjalankan tugas-tugas pelatih. Selain itu juga pelatih harus memiliki perlengkapan melatih.

Perlengkapan futsal untuk seorang pelatih futsal yaitu :

Stopwatch yaitu berfungsi untuk melihat waktu latihan. Sehingga pelatih akan lebih tepat waktu dalam takaran atau durasi waktu setiap program latihannya. Dan ini sangatlah peting menurut saya bila ingin benar-benar melatih dengan baik..

Cone dan Marka, hampir sama kegunaannya namun menurut saya cone dan marka itu berbeda. Cone dan marka bisa digunakan untuk batas-batas latihan dan juga membedakan gerakan ataupun pergantian gerakan.

Leader, yaitu berupa seperti anak tangga. Berfungsi untuk melatih kelincahan, kecepatan dan latihan koordinasi.

Perlengkapan Seorang Pelatih dan Pemain Sepakbola futsal:

Bola, sudah pasti dalam latihan sepakbola ataupun futsal usahakan selalu menggunakan bola. Meski dalam melakukan latihan fisik. Karena menurut saya pemain akan leih senang latihan menggunakan bola.

Peluit, sudah tentu manfaat dari peluit ini untuk pemberitahuan bisa juga untuk memberi aba-aba. Semisal pelatih meniup peluit maka permainan harus berhenti pada posisinya saat peluit itu dibunyikan. Selain itu juga bisa sebagai aba-aba dalam melakukan latihan, seperti memberi aba-aba sprint. Dan juga bisa digunakan untuk  mengumpulkan pemain. Meski terkadang peluit ini jarang digunakan untuk melatih usia dini. Karena untuk usia dini kita (pealtih)lebih cenderung harus berfikir seperti anak-anak. Sehingga dala hal penggunakaan peluit bisa digantikan seperti tepuk tangan atau membuat gerakan yang membuat anak-anak penasaran.

Papan strategi (startegi board), ini berfungi untuk menjelaskan cara bermain atau pola latihan yang akan diterapkan. Seperti untuk menjelaskan formasi 4-3-3, 4-42, 3-5-2 dan lain-lain. Untuk menjelaskan pegerakan seorang pemain. Untuk menjelaskan posisi pemain terhadap lawan. Posisi kiper terhadap posisi bola. Namun bisa juga ini digantikan dengan selembar kertas, biasanya pelatih akan menjelaskan dengan kertas atau buku yang dia bawa.

Perlengkapanseorang pemain sepakbola dan futsal:

Selain pelatih, pemain pun juga memiliki perlengkapannya sendiri. Dan perlengkapan pemain itu adalah segala hal standar peralatan atau perlengkapan yang dipakai oleh setiap pemain dalam pertandingan. Dan hal yang dilarang dalam pertandingan, seperti jam tangan dan perhiasan perhiasan.

Perlengkapan untuk pemain itu seperti :

Jersey pemain harus seragam untuk permainan sepakbola dan futsal. Khusus kiper haruslah berbeda.

Sepasang kaos kaki dan pelindung tulang kering (Skin Guard)

Sepasang sepatu

Ban Captain

Kaos tangan baut kiper

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *