Dunia bola internasional: Perjalanan Karir Pelatih Pep Guardiola

Dunia bola —  Josep “Pep” Guardiola Sala, lahir pada 18 Januari 1971  adalah seorang pelatih sepak bola profesional asal Spanyol dan mantan pemain sepakbola yang merupakan manajer/pelatih Manchester City saat ini.

Guardiola dalam perjalanan karir dunia bola internasionalnya dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dari generasinya. Guardiola adalah seorang gelandang kreatif dan berbakat secara teknis yang biasanya bermain dalam peran playmaking sebagai gelandang bertahan.

Dia menghabiskan sebagian besar karirnya bersama Barcelona, ​​menjadi bagian dari “Tim Impian” Johan Cruyff yang memenangkan Piala Eropa pertama klub tersebut pada tahun 1992, dan empat gelar La Liga berturut-turut dari tahun 1991 sampai 1994.

Dia kemudian menjadi kapten tim tersebut dari tahun 1997 sampai 2001. Dia kemudian bermain untuk Brescia dan Roma di Liga Italia, lalu pindah ke klub Al-Ahli di Qatar, dan Dorados de Sinaloa di Meksiko.

Guardiola bermain sebanyak  47 kali untuk timnas senior Spanyol, memenangkan Medali Emas Olimpiade pada tahun 1992, dan kemudian tampil di Piala Dunia FIFA 1994 dan UEFA Euro 2000. Dia juga memainkan pertandingan persahabatan untuk Catalonia.

Setelah pensiun sebagai pemain, perjalanan karir dunia bola nya berlanjut menjadi pelatih. Guardiola pun menjadi pelatih Barcelona B, dan pada tahun 2008 ia menggantikan Frank Rijkaard sebagai manajer tim pertama Barcelona dan menuai sukses luar biasa sebagai pelatih di Barcelona.

Di musim pertamanya sebagai manajer, Guardiola membawa Barcelona meraih treble juara, memenangkan La Liga, Copa del Rey dan UEFA Champions League. Dengan karir kepelatihannya itu, Guardiola pun menjadi manajer termuda yang memenangkan Liga Champions.

Musim berikutnya, Guardiola membawa Barcelona untuk memenangkan Supercopa de España, UEFA Super Cup, FIFA Club World Cup dan gelar La Liga kedua. Pada tahun 2011, setelah membawa Barcelona juara La Liga, Supercopa de España dan Liga Champions UEFA, Guardiola dianugerahi Medali Emas Catalan, penghargaan tertinggi mereka.  

Pada tahun yang sama, Guardiola juga dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik Dunia FIFA. Di musim keempat Guardiola, ia memenangkan Copa del Rey, Piala Super UEFA, FIFA Club World Cup dan Supercopa de España. Pada tanggal 30 Juni 2012, Guardiola mengumumkan kepergiannya dari Barcelona.

Bayern Munich mengumumkan pada 16 Januari 2013 bahwa Guardiola akan bergabung dengan klub tersebut sebagai manajer untuk musim 2013-2014. Di musim pertamanya di klub, Guardiola memenangkan Bundesliga, DFB-Pokal, UEFA Super Cup dan FIFA Club World Cup. Dia menyelesaikan masa kepelatihannya di Bayern dengan tujuh trofi kemenangan, memenangkan Bundesliga sepanjang tiga musim di sana.

Sebagai manajer, Guardiola memenangi 14 trofi dalam empat tahun pertama karir pelatihnay. Dia adalah salah satu manajer paling sukses di dunia dan dianggap oleh sejumlah pemain, manajer dan komentator sepakbola menjadi salah satu manajer terbaik di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *