Info Bola Mancanegara: Sosok & Karir Jesse Lingard

Untuk menambah wawasan info bola Anda seputar pemain-pemain muda dunia yang sedang menanjak karirnya, ada baiknya Anda menyimak artikel kami kali ini. Mengenai sosok dan karir Jesse Lingard, pemain yang digadang-gadangkan akan menjadi pemain penting di timnas Inggris masa depan, maupun klubnya, Manchester United.

Info bola — Jesse Ellis Lingard, lahir pada 15 Desember 1992, adalah pemain sepak bola profesional Inggris yang bermain sebagai pemain sayap untuk klub Liga Primer Manchester United dan tim nasional Inggris.

Baca juga: SEPUTAR BERITA OLAHRAGA SEPAKBOLA: MENGENAL SOSOK DAN KARIR GEORGE BEST (1946-2005)

Lingard membuat debut seniornya saat dipinjamkan ke Leicester City pada tahun 2012, lalu sempat dipinjamkan ke Birmingham City dan Brighton & Hove Albion selama musim 2013-2014 dan di Derby County pada tahun 2015.

Dia mewakili Inggris di bawah usia 17 dan di bawah usia 21 sebelum melakukan debut internasional seniornya pada bulan Oktober 2016.

  • Manchester United:

Lingard lahir di Warrington, Cheshire, dan sempat mencicipi pendidikan di William Beamont Community High School. Lingard bergabung dengan akademi pemuda Manchester United pada usia tujuh tahun dan berkembang bakat sepak bolanya melalui kelompok usia tersebut. Dia adalah bagian dari tim Manchester United yang memenangkan FA Youth  cup pada tahun  2010-201, sebelum menandatangani kontrak profesional di musim panas 2011.

Lingard pertama kali masuk dalam skuad senior pada 30 November 2011, di perempatfinal Piala Liga melawan Crystal Palace di Old Trafford, yang masih belum dimainkan saat tim  Manchester United masih dilatih oleh Sir Alex Ferguson kalah 2-1 setelah perpanjangan waktu.  

  • Musim 2012-2013

Pada tanggal 6 November 2012, Lingard dan rekan setimnya Michael Keane bergabung dengan Leicester City dengan status pinjaman selama sebulan.  Dia membuat debut kompetitifnya pada hari itu, dalam  pertandingan yang berakhir  0-0 saat melawan Bolton Wanderers, masuk sebagai pengganti Martyn Waghorn di menit ke-85. Pinjaman atas Lingard kemudian diperpanjang sampai 2 Januari 2013.

  • Musim 2013-2014

Lingard terpilih dalam skuad 19 orang untuk tur pra musim Manchester United 2013. Dia mencetak dua gol pertamanya untuk United dalam kemenangan 5-1 melawan A-League All Stars di Sydney pada 20 Juli 2013 gol pertama ketika United di bawah manajer baru David Moyes.  Setelah pertandingan, dia berkata “Saya percaya pada diri sendiri tapi saya harus mulai percaya pada diri saya lebih banyak lagi”. Dia juga mencetak gol melawan Yokohama F. Marinos dan Kitchee SC untuk menyelesaikan tur sebagai pencetak gol terbanyak dengan empat gol dalam banyak pertandingan.

Meskipun ia berharap untuk melewati tahap pinjaman kali ini dan langsung menembus skuad utama di Manchester United,  Lingard bergabung dengan Birmingham City dalam satu bulan pinjaman pada 19 September,  dan langsung masuk ke starting eleven untuk pertandingan melawan Sheffield Wednesday di St Andrew dua hari kemudian. Dia membuka skor setelah 20 menit dengan gol pertamanya saat kiper Chris Kirkland menangkis tembakan Chris Burke, menyelesaikan hat-tricknya 13 menit kemudian, dan mencetak gol keempat di babak kedua untuk memastikan kemenangan 4-1. Meskipun Birmingham berharap untuk memperpanjang pinjaman, Lingard kembali ke Manchester United.

  • Musim 2016-2017:

Lingard mencetak gol pembuka saat Manchester United mengalahkan juara Liga Primer Leicester City 2-1 untuk memenangkan FA Community Shield 2016.  Dia mencetak gol penting lainnya pada Februari 2017, kali ini yang kedua bagi Manchester United dalam kemenangan 3-2 atas Southampton di final Piala EFL. (Info bola mancanegara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *