Dunia Bola Dalam Negri: Sosok dan Karir Carlton Cole (Persib Bandung)

Dunia Bola – Setelah berhasil membeli mantan pemain Chelsea dan Real Madrid, Micheal Essien beberapa waktu lalu, Persib Bandung kembali mendatangkan pemain top dunia yang pernah berlaga di Liga Inggris, yakni Carlton Cole. Pemain yang pernah memperkuat Chelsea, Aston Villa dan West Ham United tersebut resmi berseragam Persib Bandung. Menurut berita yang berkembang, harga transfer Carlton Cole, yang harus dibayarkan Persib, kisaran 5 miliar rupiah.  Kedatangan dua pemain top dunia tersebut ke Persib Bandung, akan membawa angin segar bagi perkembangan Liga Indonesia, yang dimulai pada 15 April 2017.

Sobat olahraga pasti banyak yang kurang mengetahui sosok dan karir dari pemain yang kini berusia 33 tahun, asal Inggris, di bawah ini kami akan bagikan informasinya sekelumit mengenai sosok dan karir Cartlon Cole.

Riwayat dan Karir Carlton Cole:

Carlton Michael George Cole lahir pada 12 Oktober 1983 adalah pemain sepak bola professional asal Inggris bermain sebagai striker untuk Liga 1  Indonesia untuk klub Persib Bandung. Dia mencetak 51 gol dalam 289 penampilannya di Liga Premier dengan empat klub berbeda.

Cole memulai karirnya di Chelsea pada tahun 2001, sebelum pada akhirnya ia harus dipinjamkan ke Wolverhampton Wanderers, Charlton Athletic dan Aston Villa sebelum pada akhirnya ia berlabuh ke West Ham United pada tahun 2006. Ia pernah dilepas oleh West Ham pada tahun 2013 dan klub melepasnya  untuk kedua kalinya pada bulan Mei 2015. pada bulan Oktober tahun yang sama, ia kembali melanjutkan karir dunia bola nya  di Liga Utama Skotlandia  yakni dengan bergabung dengan klub Celtic.

Dia membuat debut bersama timnas Inggris di bawah usia 21, saat usianya masih 19 tahun. Dalam penampilannya bersama Timnas Inggris U-21 (Cole mencetak enam gol), dan melakukan debut untuk tim nasional Inggris pada tanggal 11 Februari 2009 di pertandingan persahabatan melawan Spanyol.

Pada tahun 2001 Cole melakukan debutnya pada bulan April 2002 sebagai pemain pengganti Jimmy Floyd Hasselbaink dalam kemenangan 3-0 melawan Everton. Lalu setelah itu, dia menjalani debut pertama seniornya tiga minggu kemudian, mencetak gol saat Chelsea mengalahkan Middlesbrough di Stadion Riverside. Dia menjalani penampilan senior lagi untuk Chelsea di musim 2001-02, kalah di kandang 3–1 melawan Aston Villa pada Mei 2002.

Setelah hampir 15 tahun bermain di Liga Inggris, akhirnya pada tahun 2015 ia berlabuh dan menandatangani kontrak bersama juara Skotlandia Celtic sampai tahun 2017.  Pada tanggal 10 Januari 2016, ia mencetak gol pertamanya untuk Celtic dalam kemenangan 3-0 atas Stranraer, di babak keempat Piala Skotlandia

Pada Agustus 2016, Cole menandatangani kontrak untuk klub Inggris League Soccer Sacramento Republik. Setelah empat penampilannya bersama klub, ia meninggalkan klub untuk kembali ke Inggris.

Pada tanggal 30 Maret 2017, Cole menandatangani kontrak baru untuk bermain di Liga 1 Indonesia, bersma aklub Persib Bandung. Menandatangani kontrak sepuluh bulan, ia bertemu kembali dengan mantan rekan setimnya Chelsea Michael Essien.  Nama Carlton Cole pun menghiasi berita dunia bola dalam negeri saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *