Info Dunia Bola: Mengenal Sosok dan Karir Gianluigi Donnarumma

Dunia BolaDonnarumma beberapa waktu belakangan ini, namanya semakin populer dan terkenal sebagai kiper masa depan Italia, digadangkan dia adalah penerus kiper legendaris Italia Gianluigi Buffon. Aksinya bersama Ac Milan, kian mendapat pujian dari beberapa pengamat sepakbola. Mengenai sosok Donnarumma sebagai kiper masa depan Italia. Dalam kesempatan kali ini kami akan menurunkan sosok dan karir dari kiper yang baru berusia 18 tahun ini.

Gianluigi “Gigio” Donnarumma lahir  pada 25 Februari 1999 adalah pemain sepak bola profesional Italia yang bermain sebagai kiper untuk klub Serie A Milan dan tim nasional Italia.

Dia memulai karirnya dengan Milan pada tahun 2015, menjadi kiper termuda kedua yang pernah melakukan debut di Serie A, saat ia berusia 16 tahun, 242 hari; ia langsung masuk ke starting line-up, mendapatkan reputasi sebagai salah satu kiper muda paling menjanjikan. Namanya pun tak pernah luput dari pemberitaan dunia bola masa kini.

Ia juga memecahkan rekor sebagai pemain termuda Italia U-21 yang pernah bermain, berusia 17 tahun, 28 hari pada bulan Maret 2016. Enam bulan kemudian, ia membuat debut senior internasional, menjadi kiper termuda yang pernah tampil untuk Italia, berusia 17 tahun,189 hari.

Donnarumma dibesarkan di akademi sepak bola dari klub Napoli ,Castellammare di Stabia. Pada usia 14 tahun. Antara 2013 dan 2015, ia adalah bagian dari akademi Rossoneri, di mana dia selalu bermain pada kelompok usia di atasnya, dimulai dengan Giovanissimi, Allievi, dan akhirnya Primavera.

Tiga hari sebelum ulang tahun ke-16, pada bulan Februari 2015, ia menerima panggilan pertamanya untuk tim senior dari manajer Milan Filippo Inzaghi; meskipun ia tidak tampil di pertandingan liga melawan Cesena, kehadirannya di bangku cadangan telah diperlukan dispensasi khusus karena usianya yang sangat muda.

Pada awal musim 2015-2016, Donnarumma dipromosikan ke tim senior oleh manajer Sinisa Mihajlovic, awalnya sebagai kiper pilihan ketiga di belakang Diego López dan Christian Abbiati. Selama tur pra-musim Milan dari China, ia melakukan debut dalam pertandingan Piala Champions Internasional melawan Real Madrid pada tanggal 30 Juli. Mengganti López di menit ke-72, ia terus melakukan clean sheet untuk sisa pertandingan.

Donnarumma membuat debut kompetitif di Serie A pada 25 Oktober melawan Sassuolo di stadion San Siro. Ia membantu timnya mencapai kemenangan 2-1 setelah tiga pertandingan tanpa kemenangan. Pada usia 16 tahun, 242 hari, ia adalah kiper termuda kedua untuk memulai pertandingan dalam sejarah dunia bola Italia; 13 hari lebih tua dari Giuseppe Sacchi, yang kebetulan membuat debut Serie A dengan Milan pada tanggal yang sama, 73 tahun sebelumnya.  Pada awal 2016, Donnarumma menggantikan López sebagai kiper pilihan pertama untuk Milan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *