Info Bola Basket NBA: Sosok dan Karir Kareem Abdul Jabar

Info Bola Basket – Kareem Abdul-Jabbar lahir pada 16 April, 1947 di New York, ia adalah mantan pemain basket profesional Amerika yang bermain selama 20 musim di National Basketball Association (NBA) untuk Milwaukee Bucks dan Los Angeles Lakers. Selama karirnya sebagai pemain bola basket, Abdul-Jabbar merupakan peraih rekor enam kali Most Valuable Player (MVP) NBA, rekor 19 kali NBA All-Star, 15 kali All-NBA seleksi, dan 11 kali NBA All anggota Tim –Defensive.  Abdul-Jabbar dua kali terpilih sebagai NBA Finals MVP. Pada tahun 1996, ia dihormati sebagai salah satu dari 50 pemain terbaik dalam Sejarah NBA. Pelatih NBA Pat Riley dan pemain Isiah Thomas dan Julius Erving telah menyebutnya sebagai pemain basket terbesar sepanjang masa.

baca juga: 5 Fakta Penting Mengenai Info Bola Basket NBA

Di masanya tidak ada satu pun info bola basket di dunia yang tidak memberitakan tentang sosok Kareem Abdul Jabar sebagai pemain basket terhebat yang pernah bermain di NBA. Setelah memenangkan 71 pertandingan basket berturut-turut di tim SMA-nya di New York City, Alcindor di UCLA, di mana ia bermain bersama pelatih John Wooden pada tiga tim kejuaraan nasional bola basket berturut-turut dan merupakan rekor tiga kali MVP dari Turnamen NCAA. Setelah memenangkan kejuaraan NBA pertamanya pada tahun 1971, ia mengadopsi nama Muslim Kareem Abdul-Jabbar pada usia 24 tahun. Ia membuktikan dirinya sebagai salah satu top skor liga.

Pada tahun 1975, ia pindah ke Lakers, dan bermain selama 14 musim terakhir dari karirnya dan memenangkan lima kejuaraan NBA. Kontribusi Abdul-Jabbar adalah komponen kunci dalam era “Showtime” dari Lakers. Lebih dari 20 tahun karirnya di NBA, tim yang dibelanya tersebut berhasil meraih playoffs 18 kali dan mencapai final NBA sebanyak 10 kali.

Pada saat pensiun pada tahun 1989, Abdul-Jabbar adalah pemain terdepan sepanjang masa di NBA dalam raihan poin yang dicetaknya yakni 38.387, game yang dimainkan sebanyak 1560 kali, menit bermainnya  57.446, memblokir tembakan sebanyak 3189 kali, defensif rebound sebanyak 9394 kali, dan pelanggaran pribadi 4657 kali. Dia tetap  akan dikenal sepanjang masa sebagai pencetak gol terbanyak di NBA, dan peringkat 3 sepanjang masa untuk rebound dan blok.

Pada tahun 2007, ESPN memilih dia sebagai sosok pemain NBA terbesar sepanjang masa. Pada tahun 2008, mereka menamainya “pemain terbesar dalam sejarah basket ” dan pada tahun 2016, mereka memberikan penghargaan sebagai pemain terbaik kedua dalam sejarah NBA ( dibelakang Michael Jordan). Kareem Abdul-Jabbar juga pernah menjadi aktor, pelatih basket, dan penulis terlaris.  Pada tahun 2012, ia dipilih oleh Menteri Luar Negeri Hillary Clinton untuk menjadi duta budaya global untuk Amerika Serikat. Pada 2016, ia menerima Presidential Medal of Freedom dari Presiden Barack Obama. (catatan info bola basket NBA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *