Sejarah Club Sepakbola Borussia Dortmund

Sejarah Club Sepakbola Borussia Dortmund

Borussia Dortmund adalah salah satu club sepakbola paling sukses di Bundesligia dan dalam sejarah sepakbola Jerman. Awal berdirinya Borussia Dortmund dimulai pada 19 Desember, tahun 1909, Dortumund didirikan oleh 17 pemain sepakbola dari Borussia Dortmund.  Semenjak didirikan pada tahun 1909, banyak momen dan peristiwa yang akhirnya membuat Dortumund bisa tampil eksis dan terus berprestasi dalam ajang Bundesliga maupun ajang internasional lainnya.

baca juga: BERITA OLAHRAGA SEPAKBOLA LIGA INGGRIS TERBARU

Sebagai salah satu club sepakbola paling berjaya dan diperhitungkan dalam jajaran club Bundesliga. Borussia Dortmund telah mampu memberikan gelar-gelar juara terbaiknya seperti 8 kali memenangkan kejuaraan Bundesliga, 1 UEFA Champions League, 3 DFB-Pokal, 4 DFL-Supercup, 1 Piala Winners UEFA, dan 1 Interkontinental Cup. Dortumund tercatat adalah klub Bundesliga Jerman pertama yang mampu memenangkan gelar di Eropa, yakni Piala Winners UEFA pada tahun 1996.

Nama lengkap club sepakbola  Borussia Dortmund adalah Ballspiel-Verein Borusia 1909 e.V. Dortmund. Untuk kata Borussia sendiri berasal dari nama Prussia, sebuah nama kerajaan bangsa Jerman. Lazimnnya klub-klub yang bermain di liga Jerman, pada zaman dahulu mengambil nama klub mereka dengan nama kedaerahan seperti, Germania, Rhenania, dan Westfalia.

Sebaga club papan atas Bundesliga, Borussia Dortmund adalah club yang memiliki pendukung dan fans terbanyak di dunia, yang masing-masing pendukungnya tersebar di berbagai belahan dunia. Termasuk di Indonesia. Pendukung Borussia Dortmund mendapat julukan The Borussian (Die Borussen) atau Die Schwarzgelben (The Black Yellows).

Pada tahun 1963, Borussia Dortmund pertama kali mencicipi Bundesliga. Dan semenjak itu kiprah Borussia Dortmund semakin diperhitungkan. Ketika Borussia Dortmund pada tahun 1966. Berhasi meraih gelar Piala Winners UEFA, untuk pertama kalinya dan tercatat sebagai klub pertama Jerman yang berhasil meraih gelar presitius tersebut. Pada tahun 1997, Borussia Dortmund yang kala itu dilatih oleh pelatih legendaris Ottmar Hitzfeld mampu membawa Dortmund mengangkat piala UEFA Champions League untuk pertama kalinya.

Manajemen Dortmund pada bulan Mei 2008 menawarkan Jurgen Klopp untuk menjadi pelatih, yang akhirnya disetujuinya untuk kontrak selama dua tahun. Klopp masuk sebagai pelatih pada situasi sulit karena klub ini berakhir di posisi ke-13 pada musim terakhir di tangan pelatih Thomas Doll. Dalam musim pertamanya sebagai pelatih, Klopp berhasil membawa Borussia Dortmund menjuarai DFB-Supercup 2008, mengalahkan juara Jerman, FC Bayern Muenchen. Di kompetisi liga, Klopp membawa klubnya ke posisi ke-6 dan pada musim berikutnya,bahkan ke posisi ke-5. Namanya semakin berkibar ketika untuk dua musim liga berturut-turut (Bundesliga 2010-11 dan Bundesliga 2011-12) Borussia Dortmund memuncaki klasemen dan menjadi juara. Selama musim 2011-12, Borussia Dortmund berhasil meraih beberapa rekor.

Saat ini Dortmund mempunyai barisan sponsor seperti Opel, Turkish Airlines, Brinkhoff’s, Wilo, Hankook, Huawei, EA Sports, Coca-Cola Zero, MAN, Norton, REWE Ruhr Nachrichten, BVBProduktPartner Westfalenhallen, Sennheiser, TEDi, Dorma, Ramada, McDonald’s. Nilai total per tahun mencapai lebih dari 60 juta euro. Angka terbesar yang pernah diraih Dortmund sepanjang sejarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *