Fakta-fakta Menarik Tentang Jersey Bola

Jersey atau kaos tim merupakan pakaian yang biasa dipakai oleh olahragawan ketika bertanding. Jersey merupakan identitas sebuah klub olahraga, dan setiap klub olahraga memiliki corak dan warna jersey mereka masing-masing, yang didasarkan pada sejarah dan latar belakang klub tersebut. Dalam sepak bola, beberapa klub khususnya yang bearmain di Liga Italia bahkan dijuluki sesuai warna jersey mereka. Misalnya klub AC Milan yang memiliki jersey berwarna merah-hitam, dijuluki dengan debutan I Rossoneri yang dalam bahasa Italia berarti si merah-hitam. Jersey sepakbola merupakan simbol kebesaran sebuah klub. Dalam jersey terdapat logo klub sebagai identitas klub tersebut, selain itu pada jersey juga sering disematkan tanda dan simbol yang menunjukkan prestasi sebuah klub. Misalnya tanda bintang di atas logo jersey klub di Italia, menunjukkan bahwa klub tersebut sudah meraih gelar juara Liga setidaknya 10 kali. Masih banyak lagi fakta-fakta lain seputar jersey bola yang memiliki sejarahnya masih-masing. Berikut ini adalah beberapa fakta unik menarik seputar jersey sepakbola.

Jersey yang Dipensiunkan

Pada jersey sepakbola terdapat nomor punggung yang pada mulanya berfungsi untuk membedakan antara satu pemain dengan pemain lainnya. Seiring berjalannya waktu, nomor punggung lambat laun menjadi identitas seorang pemain. Terdapat beberapa pemain yang identik dengan nomor punggung tertentu, dan bahkan terkesan enggan menggunakan nomor punggung lainnya. Dalam sejarah sepakbola, terdapat beberapa nomor punggung jersey bola yang dipensiunkan, dengan berbagai macam alasan. Namun, di antara banyaknya nomor punggung yang tidak digunakan lagi oleh sebuah klub, tiga nama berikut ini barangkali adalah yang paling legendaris.

Pertama, Maradona. Maradona merupakan pemain legendaris Argentina yang juga membela klub Italia Napoli. Bagi publik Naples, di mana klub Napoli berasal, Maradona merupakan seorang juru selamat. Maradona memberikan gelar juara Serie-A bagi Napoli dan itu merupakan kado terindah sepanjang sejarah klub tersebut. Untuk menghormati jasa Maradona, Napoli memutuskan mempensiunkan nomor punggung 10, nomor yang dipakai Maradona ketika membela Napoli. Kedua, adalah Franco Baresi yang sepanjang kariernya hanya membela satu klub: AC Milan. Loyalitas Baresi pada AC Milan membuat klub berjuluk I Rossoneri tersebut memutuskan tidak memakai lagi nomor punggung 6 yang menjadi nomor punggung Baresi. Ketiga, adalah Paolo Maldini. Kasus Maldini hampir sama dengan Baresi, nomornya dipensiunkan karena dedikasi Maldini yang hanya membela AC Milan selama lebih dari dua dekade dan memberikan berbagai gelar juara.

Jersey Paling Mahal di Dunia

Fakta menarik selanjutnya mengenai jersey bola adalah jersey termahal di dunia. Menurut data yang dirilis oleh Guinness Book of World Record, jersey paling mahal di dunia adalah jersey bernomor punggung 10 yang dikenakan Pele pada Final Piala Dunia 1970 di mana ketika itu Pele mencetak satu gol. Jersey Pele tersebut dilelang di London pada 27 Maret 2002 dan terjual sebesat £ 157.750 poundterling (atau setara $ 225.109 dollar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *