Manfaat Futsal Untuk Wanita

Olahraga futsal beberapa tahun terakhir ini menjadi salah satu olahraga alternatif bagi  wanita yang gemar bermain sepakbola mini. Olahraga futsal terus tumbuh dalam partisipasi di tingkat  para wanita. Tidak hanya menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa, tetapi manfaat futsal juga mengajarkan pelajaran hidup positif dengan menanamkan rasa kerja tim dan kolaborasi.

Keterampilan dan kebugaran yang dihasilkan dari bermain  manfaat futsal adalah manfaat yang besar untuk anak perempuan dan wanita pada usia berapa pun

Berikut adalah Manfaat Futsal Untuk Wanita.

    Peningkatan Kesehatan Kardiovaskular: Para wanita yang bermain futsal selama 14 minggu dengan jadwal yang disipilin akan bisa meningkatkan kebugaran cardio mereka sebanyak 15 persen.

   Peningkatan Massa Otot: Dalam sebuah studi selama 16 minggu dari dua kali seminggu 1 jam sesi bermain futsal, peningkatan massa otot kaki rata-rata adalah 11% pada wanita. Jumlah kapiler per serat otot meningkat sebesar 18% dan aktivitas glukosa dan enzim lemak metabolisme yang meningkat sebesar 11 dan 9%, masing-masing.

   Peningkatan Kepadatan Tulang: Rata-rata, setelah memasuk usia 40 tahun , wanita kehilangan massa tulang pada tingkat 0,5-1% per tahun. Dalam studi terkontrol, sepakbola futsal meningkatkan densitas mineral tulang wanita dengan rata-rata 2 sampai 3 persen; Keuntungan ini dari sepakbola menerjemahkan ke membalikkan tulang penuaan tiga sampai enam tahun.

Baca juga: BEBERAPA MANFAAT OLAHRAGA FUTSAL

       Peningkatan Koordinasi: karena pergeseran antara berjalan, berlari dan berlari, koordinasi dikembangkan dalam futsal. koordinasi tubuh ditingkatkan melalui gerakan kompleks seperti dribbling, memutar dan melewati, yang dilakukan pada berbagai tingkat kecepatan dan arah. koordinasi tangan-mata ditingkatkan ketika pemain baik menendang bola atau menerima umpan dari seseorang.

   Peningkatan Fungsi Otak Kognitif: Futsal membantu keterampilan peningkatan konsentrasi, ketekunan dan disiplin diri karena merupakan permainan cepat yang membutuhkan keputusan yang cepat di lapangan.

   Peningkatan Interaksi Sosial dan Dukungan: Kebanyakan wanita beralasan keterbatasan waktu sebagai alasan utama untuk tidak bekerja. Namun, berada di sebuah tim futsal membawa wanita bersama-sama dengan cara mendukung dan membuat mereka menyisihkan waktu untuk latihan fisik. Bergabung dengan tim mengarah ke komitmen lebih dan benar-benar mengikuti melalui dengan tujuan kebugaran dan kesehatan.

   Peningkatan Keyakinan: Membangun kekuatan dan ketahanan fisik membantu membangun kepercayaan pada seorang wanita baik di dalam dan luar lapangan. Seorang wanita percaya diri lebih tepat menangani kehidupan dan karirnya di luar lapangan. Dalam beberapa penelitian, wanita yang merasa mampu secara fisik di pusat kebugaran menunjukkan tingkat yang lebih besar dari harga diri.

   Mengurangi Tingkat Stres: Fokus pada permainan kedua taktik dan fisik memaksa pikiran untuk mengalihkan perhatian diri dari stres sehari-hari. Ditambah dengan endorfin dari aktivitas fisik menyebabkan tingkat stres berkurang .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *