Seputar Dunia Bola Basket: Sosok dan Karir Kobe Bryant

Dalam dunia bola basket liga NBA, nama Kobe Bryant begitu legendaris dan fenomenal. Bryant pernah meraih gelar MVP, juga beberapa kali memecahkan rekor dalam sejarah liga NBA sebagai pemain bola basket untuk tim kesayangannya LA Lakers. Berikut sosok dan karir Kobe Bryant.

Kobe Bean Bryant lahir pada 23 Agustus, 1978, adalah mantan pemain basket profesional Amerika dan pengusaha. Ia bermain selama karirnya selama  20 tahun bersama Los Angeles Lakers di liga National Basketball Association (NBA). Ia masuk NBA langsung dari sekolah tinggi dan memenangkan lima kejuaraan NBA dengan Lakers. Bryant 8 kali masuk tim All-Star, dan masuk 15 kali dari Tim All-NBA. Kobe Bryant adalah putra mantan pemain NBA Joe Bryant, Kobe Bryant menikmati karir basket sekolah tinggi yang sukses di bawah Sekolah Tinggi Merion di Pennsylvania, di mana ia diakui sebagai pemain basket SMA terbaik di negara ini. Dia menyatakan untuk masuk NBA setelah lulus. Setelah itu namanya dalam dunia bola basket semakin berkibar, sejajar dengan pemain top bola basket di Liga NBA segenerasi lainnya, seperti Micheal Jordan, O’Neal, Jerry West, Pippen dan nama-nama top lainnya.

Baca juga: 4 (Empat) Jersey Basket Pemain NBA Paling Dicari

Bryant pernah dianugrahi Most Valuable Player Award (MVP ) pada tahun 2008. Setelah kalah di NBA Finals, ia memimpin Lakers untuk dua kejuaraan berturut-turut pada 2009 dan 2010, mendapatkan Finals MVP penghargaan pada kedua kesempatan. Dia terus menjadi salah satu pemain top di liga NBA sampai tahun 2013, ketika Bryant memasuk usia 34 tahun ia menderita Achilles tendon robek. Meskipun pulih, permainnya  terbatas dua tahun berikutnya dengan cedera akhir musim pada lutut dan bahu, dan mengalami penurunan fisik, ia mengumumkan bahwa ia akan pensiun dalam dunia bola basket setelah musim 2015-2016.

Pada usia 34 tahun lewat 104 hari, Bryant menjadi pemain termuda dalam sejarah liga NBA untuk mencapai 30.000 poin dalam karirnya. Ia menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Lakers pada tanggal 1 Februari 2010, ketika ia melampaui Jerry West. Berikut tahun kedua di liga NBA, Bryant terpilih dalam setiap All-Star Game hingga pensiun untuk rekor 18 penampilan berturut-turut, dan empat All-Star Choice MVP  dalam sejarah NBA. Pada 2008 dan Olimpiade 2012, ia memenangkan medali emas sebagai anggota tim nasional Amerika Serikat. Bryant merupakan pemain dari Lakers yang memenangkan 3 kejuaraan beruntun NBA dari 2000 hingga 2002. Bryant juga tercatat dalam sejarah, pernah mencetak poin tertinggi di kariernya, 81, melawan Toronto Raptors di Staples Center, kedua tertinggi setelah 100 poin Wilt Chamberlain pada tahun 1962. Bryant kembali masuk ke timnas untuk Olimpiade Musim Panas 2012. Ia pensiun setelah memenangkan medali emas lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *