Berita Bola Mengenai Sosok dan Karir Mega Bintang Diego Maradona

Diego Armando Maradona lahir pada 30 Oktober 1960, adalah seorang pemain legendaris sepakbola asal Argentina. Maradona juga pernah menjabat sebagai manajer dan pelatih di klub lain serta tim nasional Argentina. Banyak yang menyebut dirinya dalam surat harian berita bola, termasuk para penulis sepak bola, pemain, dan fans, menganggap Maradona sebagai pemain sepak bola terbesar sepanjang masa.  Namanya juga terpilih dalam ajang  FIFA Player of the Century 20 dengan Pelé.

Maradona bermain sebagai playmaker dengan nomor  punggung 10, Maradona adalah pemain pertama dalam sejarah sepak bola yang memecahkan biaya transfer rekor dunia dua kali, pertama ketika ia pindah ke Barcelona yang memecahkan rekor dunia senilai £ 5 juta, dan kedua, ketika ia ditransfer untuk Napoli untuk biaya rekor transfer kala itu £ 6,9 juta dan transfer perpindahannya kala itu menjadi tajuk berita bola kala itu di seluruh dunia.  

Maradona pernah bermain untuk Argentinos Juniors, Boca Juniors, Barcelona, ​​Napoli, Sevilla dan Newell Old Boys selama karir  profesionalnya klubnya, dan masanya yang paling terkenal ketika ia bermain  di liga Itali, bersama klub Napoli , di mana ia memenangkan berbagai penghargaan. Dalam karir internasionalnya dengan Argentina, ia meraih 91 caps dan mencetak 34 gol. Membuat namanya sebagai pemain tersubur di timnas Argentina.

Baca juga: Berita Bola, Inilah  3 Pemain Sepakbola Dunia Yang Beragama Islam

Visi bermain yang luar biasa dari Maradona, saat melewati lawan, mengontrol bola, keterampilan dribbling, kecepatan, refleks dan waktu reaksi dalam melihat bola dikombinasikan dengan ukuran  tubuhnya yang terbilang  kecil (1,65 m) memberinya pusat gravitasi rendah yang memungkinkan dia untuk menjadi lebih bermanuver daripada kebanyakan pemain sepak bola lainnya; ia sering menggiring bola melewati beberapa pemain lawan dengan kecepatan larinya. kehadirannya di lapangan memiliki efek yang besar pada kinerja umum tim yang dibelanya, Ia telah menjelma menjadi pesepakbola luar biasa,  sebelum waktunya. Maradona diberi julukan “El Pibe de Oro” ( “The Golden Boy”), nama yang terus melekat dengannya sepanjang karir Maradona di lapangan sepakbola dan terus menjadi liputan utama berita bola di zamannya. Sebagai sosok paling fenomenal dalam jagat sepakbola modern. Baik di dalam maupun di luar lapanga. Maradona tak pernah sepi pemberitaan. Maradona akhirnya pensiun pada tanggal 30 Oktober 1997 dari dunia sepakbola

Maradona bermain di empat Piala Dunia FIFA, termasuk Piala Dunia 1986 di Meksiko di mana dia menjadi kapten Argentina dan membawa Argentina menang atas Jerman Barat di final, dan memenangkan Golden Ball sebagai pemain terbaik turnamen piala dunia 1986. Maradona sempat menjadi pelatih Argentina pada November 2008. Maradona termasuk dalam deretan pesepak bola terbaik abad ini bersama dengan Pele, Johan Cruyff dan Christian Vieri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *