Tips Futsal Mendasar yang Harus Dikuasai Pemain Futsal

Futsal merupakan permainan sepak bola dalam ruang yang mempertandingkan lima orang melawan lima orang dengan dua orang wasit di setiap pertandingan. Futsal sering disebut sepakbola mini karena dari segi jumlah pemain dan dari segi luas lapangan memang lebih mini dibandingkan sepakbola yang satu timnya terdiri dari sebelas pemain. Dibandingkan dengan sepakbola yang mengedepankan faktor fisik dan taktik, futsal secara garis besar lebih identik dengan teknik dan skill. Dalam permainan futsal, trik dan skill sering ditonjolkan untuk menyiasati luas lapangan dan permainan yang cenderung merapat. Dalam permainan futsal, terdapat beberapa skill mendasar yang harus dikuasai oleh seorang pemain futsal agar bisa menonjol di dalam lapangan dan untuk lebih mengembangkan kemampuannya. Berikut ini adalah beberapa tips futsal mendasar yang harus dikuasai seorang pemain futsal.

Kontrol Bola

Dalam olahraga futsal, kemampuan mengontrol bola merupakan skill mendasar yang harus dikuasai oleh seorang pemain. Pergerakan bola dari kaki ke kaki yang bergulir sangat cepat membuat setiap pemain lebih banyak menyentuh bola. Bergulirnya bola terkadang tidak mudah ditebak baik arah dan kecepatannya. Untuk itu, kemampuan kontrol bola harus dimiliki agar seorang pemain bisa mengontrol permainan. “Who can control the ball, control the game.” Pemain yang bisa mengontrol bola dengan baik, akan bisa mengontrol permainan. Itulah salah satu filosofi dasar dalam bermain futsal. Asahlah kemampuan kontrol bola terutama menggunakan punggung kaki (kaki bagian atas). Sebab bagian kaki atas akan lebih banyak mengambil kendali terhadap kontrol bola tanggung dan bola yang bergulir cepat.

Umpan Cerdas dan Akurat

Tips futsal berikutnya adalah terletak pada umpan-umpan yang akurat, baik umpan pendek maupun umpan panjang. Umpan yang akurat merupakan skill mendasar yang harus dikuasai seorang pemain futsal. Tidak sekadar umpan yang akurat dan terukur, umpan tersebut juga harus dilakukan pada saat yang tepat, seperti misalnya membaca pergerakan rekan dan membaca celah yang dibuka oleh pemain lawan. Penempatan bola ketika melakukan umpan merupakan wujud dari kecerdasan seorang pemain. Pemain yang cerdas tentu memiliki akurasi umpan yang baik dan tahu saat yang tepat untuk memberikan umpan kepada rekan. Akurasi umpan harus senantiasa dilatih. Sementara kemampuan membaca permainan dan kecerdasan ketika mengumpan bola tergantung kecerdasan dan intelegensi masing-masing pemain.

Tendangan Keras nan Akurat

Dalam permainan futsal, yang sangat menentukan hasil akhir pertandingan tentu adalah kemampuan mencetak gol. Gawang futsal yang relatif kecil membuat pemain harus cerdas membaca posisi penjaga gawang lawan. Jika penjaga gawang selalu berada di posisi yang tepat, maka salah satu cara untuk memecah kebuntuan adalah dengan melakukan tendangan keras dan akurat ke arah gawang. Memiliki tendangan keras nan akurat merupakan tips futsal yang harus dikuasai pemain futsal dengan posisi apapun, sebab dalam olahraga futsal, semua pemain dibolehkan mencetak gol selama ada peluang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *