Artikel INFO BOLA: Mengenai Sosok dan Kiprah Jose Mourinho Dalam Sepakbola

Artikel info bola kali ini kami akan membahas sosok dan kiprah dari pelatih kelas dunia asal Portugal, Jose Mourinho. Yang dikenal sebagai pelatih yang mempunyai strategi melatih di atas rata-rata dan sebagai salah satu sosok pelatih dunia yang paling dihormati dalam kancah sepakbola modern saat ini.

José Mário dos Santos Mourinho Félix lahir pada 26 Januari 1963, ia juga dikenal sebagai José Mourinho adalah seorang manajer sepak bola profesional Portugis dan mantan pemain sepak bola. Dia adalah manajer dari klub Premier League Manchester United.

Dia dianggap oleh sejumlah pemain, pelatih, dan komentator sebagai salah satu manajer terbesar dan paling sukses di dunia. Dan namanya paling banyak mengisi kabar-kabar berita info bola di dunia. Pada tahun 2015 Mourinho dipilih sebagai pelatih asal Portugal terbaik abad ini oleh Federasi Sepak Bola Portugal (FPF). Mourinho memulai karirnya dalam sepak bola profesional sebagai pemain di Portugal Divisi II. Ia belajar ilmu olahraga di Universitas Teknik Lisbon dan menghadiri kursus pelatihan di Inggris. Di Lisbon, ia bekerja sebagai guru pendidikan jasmani dan bekerja sebagai pelatih tim muda, pramuka, dan asisten manajer.

Pada awal 1990-an, ia menjadi seorang juru bahasa untuk Sir Bobby Robson di Sporting CP dan Porto di Portugal, dan Barcelona di Spanyol. Dia tetap di klub Catalonian lalu bekerja dengan penggantinya Robson yakni Louis van Gaal.Pada awal tahun 2002 ia menjadi pelatih di Porto, memenangkan Liga Primeira, Piala Portugal, dan Piala UEFA pada tahun 2003. Pada musim berikutnya, Mourinho membawa  tim Porto untuk kemenangan di Piala Super Portugal, ke puncak klasemen untuk kedua kalinya, dan memenangkan penghargaan tertinggi di Eropa klub sepak bola, Liga Champions.  Lalu Mourinho pindah ke Chelsea tahun berikutnya dan memenangkan gelar Premier League dengan catatan 95 poin,  dan Piala Liga di musim pertamanya. Di tahun kedua, Chelsea mempertahankan Liga Premier pada tahun 2006-2007.

Pada tahun 2008, Mourinho pindah ke klub Serie A Internazionale. Dalam waktu tiga bulan ia telah memenangkan kompetisi pertamanya, di Supercoppa Italiana, dan menyelesaikan musim dengan memenangkan gelar Serie A. Pada tahun 2009-2010, Inter menjadi klub Italia pertama yang memenangkan treble Serie A, Coppa Italia dan Liga Champions, juga pertama kalinya Inter memenangkan kompetisi Liga Champions sejak tahun 1965.

Dia kemudian menandatangani kontrak dengan Real Madrid pada tahun 2010, memenangkan Copa del Rey di musim pertamanya. Tahun berikutnya, ia memenangkan La Liga dan menjadi pelatih kelima, setelah Tomislav Ivic, Ernst Happel, Giovanni Trapattoni dan Eric Gerets, telah memenangkan gelar liga di setidaknya empat negara yang berbeda. Portugal, Inggris, Italia dan Spanyol. Setelah meninggalkan Madrid di Juni 2013, Mourinho kembali ke Inggris untuk mengelola Chelsea untuk  kali kedua, Namun Mourinhon dipecat pada tanggal 17 Desember 2015, setelah hasil buruk Chelsea di luar zona degradasi. Lalu setelah beberapa waktu menggangur akhirnya Mourinho dipilih sebagai manajer baru Manchester United pada 27 Mei 2016.

Semoga artikel info bola kali ini mengenai sosok pelatih yang menjuluki dirinya sebagai ‘The Special One’ ini bisa menambah referensi pengetahuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *