Jersey Club Sepakbola Terlaris 2016-2017

Setiap menjelang musim kompetisi sepakbola Eropa akan bergulir, berbagai situs berita olahraga terkemuka dunia merilis jumlah penjualan jersey club sepakbola Eropa yang paling laris. Data itu dihimpun dari laporan penjualan yang dirilis oleh masing-masing apparel produsen peralatan olahraga yang mensponsori masing-masing klub. Selain jumlah penjualan jersey, mereka juga merilis jumlah pemasukan yang mereka peroleh dari menjual jersey resmi masing-masing klub, jersey pemain paling laris di dunia, dan bahkan juga nilai kontrak yang diperoleh oleh club-club tersebut dari sponsor jersey. Jumlah total penjualan jersey club menunjukkan loyalitas para penggemar fanatik sebuah club bola, namun tidak menunjukkan jumlah pendukung terbesar sebab banyak juga para supporter yang memilih membeli jersey yang tidak resmi dengan alasan beaya dan akses terhadap jersey original yang terbatas. Berikut ini adalah daftar penjualan jersey club paling laris untuk musim kompetisi 2016-2017.

Posisi pertama club sepakbola dengan penjualan jersey terbanyak sepanjang tahun 2016 diduduki oleh Manchester United. Kedatangan pemain baru seperti Zlatan Ibrahimovic dan Paul Pogba membawa peningkatan drastis terhadap penjualan jersey MU. Beberapa media terkemuka Inggris mengabarkan bahwa MU mendapatkan pemasukan sebesar 70 juta poundsterling hanya dari menjual jersey Ibrahimovic selama sepekan. Total, jersey MU terbaru untuk musim kompetisi 2016/2017 laku terjual sebanyak 2,85 juta jersey original, meningkat 40% dari tahun sebelumnya. Untuk jersey MU terlaris diduduki oleh Paul Pogba dengan jersey bernomor punggung 6.

Peringkat kedua diduduki oleh klub raksasa asal Spanyol, Real Madrid. Berhasil meraih gelar Liga Champions seri terbaru, penggemar Real Madrid memburu jersey klub kesangan mereka yang sudah dihiasi dengan badge of honour terbaru dari UEFA tersebut. Jersey Real Madrid tercatat terjual sebanyak 2,29 juta jersey, meningkat 32% dari tahun sebelumnya. Jersey Cristiano Ronaldo menyumbang pendapatan terbesar bagi Real Madrid dalam hal penjualan jersey.

Baca juga: Info Bola, Inilah 2 Klub Sepakbola Yang Paling Banyak Penggemarnya Di Dunia

Peringkat ketiga diduduki oleh seteru abadi Real Madrid, yaitu Barcelona. Meski penampilan Barcelona agak melempem musim lalu, jersey Barcelona yang diproduksi oleh Nike tetap laris manis di pasaran. Jersey Barcelona laris sebanyak 1,98 juta, meningkat sebesar 11% dari tahun lalu. Jeysey Barcelona paling laris masih diduduki oleh Lionel Messi sebagaimana musim sebelumnya.

Sementara itu di posisi empat dan lima club sepakbola dengan penjualan jersey paling laris diduduki oleh Chelsea dan Bayern Muenchen. Jersey Chelsea yang diproduki Adidas laku terjual sebanyak 1,65 juta, naik 39% dari tahun sebelumnya. Untuk jersey paling laris, diduduki oleh Eden Hazard. Sementara jersey klub asal Jerman Bayern Muenchen laku terjual sebanyak 1,5 juta jersey, naik 40% dari musim sebelumnya, dengan jersey Lewandowski sebagai jersey pemain paling laris.

Selain lima klub yang disebutkan di atas, di posisi sepuluh besar club sepakbola dengan penjualan terlaris diduduki oleh (secara berurutan): Arsenal (1,125 juta), Juventus (850 ribu), Liverpool (805 ribu), PSG (685 ribu), dan AC Milan (650 ribu) di posisi kesepuluh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *