Berbagai Perlengkapan Futsal untuk Menunjang Penampilan

Olahraga futsal merupakan permainan yang semakin populer dengan kian banyaknya orang yang memainkan olahraga ini. Salah satu tolok ukur dan bukti bahwa futsal semakin diminati oleh masyarakat adalah semakin banyaknya dibangun lapangan-lapangan futsal dengan jumlah yang tidak sedikit di berbagai kota. Penyewa lapangan futsal di kota-kota besar hampir selalu ramai dan tidak pernah sepi. Semakin populernya olahraga futsal juga berdampak pada semakin banyaknya produsen yang memproduksi berbagai perlengkapan futsal, mulai dari sepatu hingga jersey futsal. Berikut ini akan diulas pengenai berbagai perlengkapan olahraga futsal yang harus dimiliki dan dikenakan oleh para pemain futsal demi menunjang penampilan dan demi keamanan selama bermain futsal.

  1. Sepatu Futsal

Sepatu futsal merupakan perlengkapan futsal yang paling utama. Sepatu futsal sangat penting dikenakan. Selain untuk melindungi kaki, sepatu futsal juga berfungsi untuk menunjang penampilan. Dengan menggunakan sepatu, tendangan yang dilakukan seorang pemain bisa lebih keras. Sepatu futsal juga membantu pemain dalam melakukan kontrol bola dengan kaki. Yang harus diketahui, sepatu futsal berbeda dengan sepatu olahraga lainnya. Sepatu futsal didesain khusus dengan fitur anti slip agar pemain tidak mudah licin dan terjatuh ketika berlari.

  1. Dekker atau Pelindung

Terdapat bermacam-macam jenis dekker dalam olahraga. Dekker yang wajib digunakan dalam permainan futsal adalah dekker pelindung tulang kering kaki, sehingga ketika terjadi benturan, kaki akan aman dari benturan langsung sehingga tulang akan terhindar dari keretakan. Kontak fisik memang sering terjadi ketika bermain futsal sebab lebar lapangan yang cenderung kecil. Selain pelindung tulang kering kaki, pemain futsal bisa juga memakai pelindung lutut dan pelindung siku tangan agar ketika terjatuh tidak lecet.

Baca juga: BEBERAPA MANFAAT OLAHRAGA FUTSAL

  1. Jersey atau Kostum

Jersey merupakan pakaian olahraga yang biasanya diproduksi dari bahan khusus untuk menyerap keringat olahragawan. Dalam permainan futsal, jersey atau kostus berfungsi untuk membedakan antara lawan dan kawan. Dengan memakai kostum, wasit dan penonton akan lebih mudah menandai pemain sebuah tim. Dalam olahraga futsal, celana yang digunakan adalah celana pendek di atas lutut. Bagi penjaga gawang, boleh menggunakan celana panjang untuk melindungi kaki.

Selain jenis-jenis perlengkapan futsal yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi perlengkapan lain yang fungsinya tidak kalah penting dalam permainan futsal, seperti misalnya bola futsal. Bola futsal umumnya berukuran sedikit lebih kecil dari bola lapangan. Bola futsal yang paling ideal adalah bola dengan ukuran 4. Selain bola futsal, keberadaan lapangan juga tidak kalah penting. Lapangan futsal adalah lapangan dalam ruangan dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari lapangan sepakbola. Lapangan futsal harus memiliki sirkulasi udara yang baik agar para pemain tidak gerah dan mampu menghirup udara dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *