Info Bola Terbaru Tragedi Klub Chapecoense

Berita duka kembali menyelimuti dunia sepakbola di penghujung tahun 2016 ini. Salah satu klub sepakbola asal Brasil, Chapecoense, mengalami kecelakaan pesawat di kawasan Antioquia, Kolombia. Pesawat yang membawa hampir seluruh staf pelatih dan pemain klub sepak bola Chapecoense tersebut jatuh pada Senin 28 November 2016 waktu Kolombia. Kecelakaan tersebut terjadi ketika Chapecoense dalam perjalanan melawat ke maskas klub Atletico Nacional untuk melakoni laga final Copa Sudamericana, salah satu kompetisi antar klub Amerika Latin yang setingkat Piala Eropa di bawah naungan UEFA, atau merupakan kompetisi antar klub Amerika Latin kasta kedua. Sontak kabar tersebut mengejutkan semua publik dunia, khususnya para penggemar sepak bola. Semua klub sepak bola di dunia bahkan berbondong-bondong mengucapkan rasa bela sungkawanya di halaman resmi dan akun sosial media mereka. Berikut ini adalah info bola terbaru yang akan membahas mengenai sisi lain yang terjadi setelah tragedi klub Chapecoense tersebut.

  • Ada Lima Orang yang Selamat

Dalam perjalanannya menuju Kolombia yang merupakan maskas klub Atletico Nacional, klub Chapecoense menumpangi pesawat Lamia yang merupakan maskapai penerbangan asal Venezuela. Menurut data resmi yang dirilis pihak maskapai tersebut, terdapat 74 penumpang dan 7 awak di dalam pesawat. Dalam laporan terakhir yang dirilis oleh Mirror, 76 orang dilaporkan meninggal dunia, sementara lima lainnya dilaporkan selamat. Korban yang selamat itu terdiri dari tiga orang pemain, satu staff kesehatan klub, dan satu orang reporter media.

  • Chapecoense Dinyatakan Sebagai Juara

Lewat seminggu pasca kecelakaan pesawat tersebut, otoritas sepakbola Amerika Latin, CONMEBOL, menyatakan bahwa Chapecoense resmi dinobatkan sebagai juara Copa Sudamericana musim 2016 ini. Gelar juara tersebut diberikan atas permintaan banyak pihak, terutama oleh klub Atletico Nacional yang merupakan lawan Chapecoense di final. Sementara itu, Atletico Nacional dianugerahi penghargaan Fair Play. Selain memberikan penghargaan khusus berupa Fair Play Award, Atletico juga diberi hadiah $1 juta yang sejatinya merupakan besaran hadiah untuk klub yang meraih gelar Copa Sudamericana. Info bola terbaru, badan sepakbola Brasil juga memutuskan bahwa Chapecoense akan terus berlaga di kasta tertinggi kompetisi sepakbola Brazil selama tiga musim ke depan tanpa degradasi.

  • Tawaran Bantuan dari Berbagai Pihak

Rasa simpati muncul dari berbagai pihak dan elemen terkait kecelakaan pesawat yang menimpa klub Chapecoense. Banyak klub dan agen pemain terkemuka menawarkan diri untuk meminjamkan para pemain mereka secara gratis untuk membela Chapecoense setidaknya setahun ke depan untuk membangun lagi klub tersebut dari awal. Tidak hanya klub dan agen, bahkan beberapa pemain sepak bola terkemuka pun menawarkan diri untuk menjadi pemain Chapecoense jika memang dibutuhkan. Bahkan, salah satu legenda sepakbola Brasil, Ronaldinho, memutuskan membataskan keputusan pensiunnya demi membela Chapecoense. Selain Ronaldinho, Juan Roman Riquelme dan Gudjhonson (mantan pemain Barcelona) pun menyatakan ingin membela Chapecoense tanpa digaji.

Itulah info bola terbaru tentang sisi lain setelah tragedi yang menimpa klub Chapecoense. Kejadian tersebut telah menunjukkan betapa sepak bola dapat menumbuhkan rasa simpati terhadap sesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *