Tips Futsal Untuk Lini Pertahanan/Kiper

Posisi penjaga gawang atau kiper yang selama ini luput kita hargai karena kalah saing dengan striker atau gelandang. Sebenarnya adalah pemain yang cukup penting. Posisinya adalah posisi yang paling rentan untuk menjaga bola dari kemasukan oleh pemain lawan. Apalagi dalam permainan futsal. Posisi penjaga gawang sangatlah sentral fungsinya. Menjaga gawangnya dari lesatan bola-bola yang cepat dan bisa ditendang dari sudut mana saja. Bagi Anda yang saat ini berposisi sebagai penjaga gawang utama di tim futsal Anda. Maka tips futsal untuk lini pertahanan/kiper ini, cocok bagi Anda sebagai bahan inspirasi maupun referensi pada permainan Anda kelak.

  • Mempunyai Ketangkasan Yang Cepat

Tips futsal pertama untuk penjaga gawang atau kiper pada permainan olahraga futsal di lapangan sintetis adalah mempunyai ketangkasan yang cepat dan agresif. Ya seorang penjaga gawang atau kiper pada futsal dituntut mempunyai hal tersebut. Karena dengan tangkasnya penjaga gawang futsal kemungkinan gawangnya kemasukan akan minim.

  • Mempunyai Sikap Tenang

Seorang penjaga gawang dunia di lapangan rumput sekelas Gianluigi Buffon, Neur dan Peter Cech bisa tangguh di atas mistar gawangnya karena mereka mempunyai sikap tenang. Tak mengubris tekanan yang cukup tinggi apabila gawang mereka kebobolan. Mereka akan tetap tenang. Begitu juga dengan Anda yang berposisi sebagai kiper futsal. Sikap tenang itu harus Anda miliki dan punyai. Tenang saat striker lawan sedang berhadapan dengan Anda. Jangan gampang tertipu gerakan lawan. Anda harus fokus pada bolanya bukan orangnya.

Baca juga:Tips Futsal Untuk Lini Depan/Striker

Sebagai pemain di jantung akhir pertahanan. Seorang penjaga gawang futsal harus mampu mendisplinkan para pemain di depannya, yakni bek. Bisa mengatur posisi ideal beknya. Agar tidak menggangu penglihatannya. Harus siap-siap sering berteriak dan mengatur segala posisi bek yang membuat Anda tetap aman, nyaman dan terkendali. Kebanyakan kiper futsal sering kebobolan bertubi-tubi, karena tidak ada kordinator yang baik, komunikasi yang tepat antara bek dan kiper. Atau sang kiper tidak berani mengatur beknya sendiri. Ini salah. Anda harus berani karena yang tahu posisi genting di jantung akhir pertahanan adalah Anda sendiri sebagai penjaga gawang. Dengan memiliki komunikasi yang tepat, terjalin dan bagus. Maka tim futsal Anda bisa menimilisir gol ke gawang Anda. Jadi jika Anda adalah seorang penjaga gawang Anda harus berani jika bek Anda melakukan kesalahan dalam menjaga pergerakan lawan. Instruksi Anda sangat dibutuhkan saat gawang Anda sedang terancam oleh striker lawan.

  • Mempunyai Tendangan Jarak Jauh Yang Bagus

Tips futsal terakhir untuk seorang kiper adalah  seorang kiper harus  mempunyai tendangan jarak jauh yang bagus karena  bisa mematikan pergerakan pertahanan lawan pada umpan-umpan lambung yang jauh. Karena dengan mempunyak tendangan jarak yang bagus, maka striker Anda di depan akan cukup mudah menerima umpan dari Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *