Tren Penulisan Berita Bola di Media Online

Berita seputar olahraga khususnya tentang sepak bola memiliki pembaca yang sangat besar sehingga akhir-akhir ini banyak bermunculan media-media online yang khusus menyajikan berita bola. Banyaknya media olahraga yang muncul di belakangan ini memang mampu memfasilitasi kehausan pembaca akan berita olahraga. Namun sayangnya, tidak saedikit pula media olahraga abal-abal yang menulis berita serampangan dan bahkan hanya menyajikan seputar gosip dan tidak sesuai fakta hanya untuk mengejar kunjungan pembaca untuk menarik sponsor atau iklan sebanyak-banyaknya. Beberapa media online yang hanya mengejar kuantitas posting dan kunjungan tersebut, jika diperhatikan lebih seksama, seakan memiliki gaya penulisan sendiri yang akhirnya menjadi tren penulisan berita sepat bola di media online. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri media online yang hanya ingin mengejar klik dan kunjungan sehingga sebaiknya Anda pikir-pikir ulang sebelum memutuskan mengunjungi situs berita olahraga tersebut.

Judul Tidak Sesuai dengan Isi

Sudah jamak dan seakan menjadi kebiasaan dari sebagian besar media olahraga online yang menulis judul berita yang tidak menggambarkan atau tidak sesuai dengan isi berita. Judul berita yang bombastis dan memantik rasa penasaran pembaca memang sengaja dibubuhkan oleh penulis berita olahraga sebab sebagaian besar pembaca berita di internet memang lebih cenderung membaca judul berita yang linknya disebarkan di media sosial terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengklik atau mengunjungi situs berita bola. Tidak sedikit pembaca yang dibuat kecewa isi berita tidak semenarik judulnya, bahkan jauh dari judulnya.

Agar tidak kecewa, sebaiknya pembaca mulai menandai mana media olahraga yang benar-benar kredibel dan mana media yang hanya mengejar kunjungan pembaca tanpa memikirkan kepuasan pembaca. Jika ada satu media olahraga di internet yang beritanya tidak sesuai dengan judul, masukkanlah media tersebut ke daftar hitam ingatan kita, jangan sampai kita jatuh dua kali ke jurang yang sama alias dua kali melakukan kesalahan dengan membuang-buang kouta internet tanpa memperoleh berita yang kita harapkan.

Baca juga: Info Berita Bola Indonesia Terbaru

Kesalahan Penerjemahan

Sebagian berita olahraga berbasis online yang memiliki budjet sangat minim memanfaatkan media-media olahraga asing untuk memperoleh berita yang akan mereka posting di situs web mereka. Pengutipan berita memang lumrah terjadi asalkan menyebutkan sumber berita. Namun sayangnya, media olahraga online di tanah air seringkali salah melakukan penerjemahan berita dalam sumber asli. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman si wartawan atau penulis berita dalam memahami bahasa asing atau bahkan tidak mampu berbahasa asing dan hanya mengandalkan mesin penerjemah di internet. Sehingga seringkali berita yang ditulis tidak sesuai konteks karena mesin penerjemah memang rawan melakukan salah penerjemahan.

Sebagai pembaca, kita harus pintar dalam menentukan media olahraga online yang akan kita kunjungi ketika akan membaca berita bola. Di Indonesia, di antara ratusan media olahraga yang tidak kompeten dan tidak kredibel, masih ada puluhan media olahraga lain yang terpercaya dan menyajikan berita seputar dunia bola dengan sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *