peristiwa Paling Tragis di Dunia Bola yang Meninggalkan Duka Mendalam

Sepak bola adalah olahraga yang sangat populer di dunia dan memiliki supporter yang fanatik. Namun dibalik higar bingar dan serunya dunia bola, ada beberapa kejadian tragis sepanjang sejarah sepak bola dunia.

Kejadian yang hingga memakan korban jiwa itu menjadi pelajaran untuk semua pihak yang terlibat di dalamnya agar tidak terulang lagi. Berikut ini adalah peristiwa tragis di dunia bola yang membawa duka yang mendalam.

Tragedi Hysel

Tragedi yang terjadi pada tahun 1985 Liga Champion ini terjadi pada final Piala Eropa yang mempertemukan Juventus dengan Liverpool. Stadion Hysel tempat pertandingan diadakan rubuh karena desakan para supporter yang saling menyerang. Akibat kejadian tersebut, sebanyak 39 orang supporter meninggal dunia dan 600 orang luka-luka.

Kebakaran di Kota Bradford Inggris

Karena kecerobohan, terjadilah petaka yang menewaskan sebanyak 56 orang dan menciderai kurang lebih 250 orang lainnya. Kejadian datang pada saat tim sepakbola Bradford City sedang merayakan kemenangan title juara Liga divisi tiga. Kejadian tersebut terjadi saat tim Bradford City dan Lincoln City.

Saat pertandingan sedang berjalan, seorang supporter berulah dengan membuang punting rokok ke belakang tribun, yang kebetulan terdapat bahan-bahan yang mudah terbakar. Hanya dalam waktu 5 menit muncul asap putih dan sekejab saja kayu stadion yang sudah berumur 77 tahun tersebut habis dibakar api.

Tragedi Burnden Park, Manchester Inggris

Tragedi Burnden park terjadi saat pertandingan Bolton Wanderers dengan Stroke City. Tembok bagian selatan stadion rubuh karena desakan penonton yang melebihi kapasitas. Hampir sebanyak 20.000 suporter yang tidak bisa masuk merusak gerbang. Akibanya banyak supporter yang tertimpa supporter lain. Akibat kejadian tersebut sebanyak 33 orang meninggal dunia dan 400 orang mengalami cidera.

Baca juga: Info Bola Mengenai Istilah-Istilah Dalam Dunia Sepak Bola

Tragedi Stadion Ibrox Glasgow di Skotlandia

Kejadian yang terjadi pada menit ke-51 antara tim nasional Skotlandia dengan Inggris ini terjadi akibat tribun selatan bagian belakang runtuh. Tribun kayu yang terbuat dari kayu tersebut sebenarnya baru dibuat dan runtuh akibat hujan deras yang mengguyur pada malam sebelum pertandingan diadakan.

Banyak supporter yang jatuh dari ketinggian 12 meter. Sebanyak 25 meninggal dan menciderai sebanyak 517 orang. Tragisnya lagi setelah kejadian tersebut pada tahun 1961 dan 1971 terjadi kejadian yang sama.

Tragedi Ellis Park, Johannesburg di Afrika Sleatan

Kejadian di Afrika Selatan ini terjadi karena stadion sudah terisi penuh, sekitar 60.000 suporter dari dua tim memenuhi stadion. Saat bersamaan masih banyak supporter lainnya yang diluar berusaha menerobos masuk, sebanyak 30.000 orang.

Desakan dari kedua supporter membuat suasana semakin ricuh sehingga para petugas keamanan melakukan inisiatif melempakan gas air mata namun karena itu membuat suasana semakin panic. Sebanyak 43 suporter meninggal karena terinjak-injak.

Demikian peristiwa dunia bola yang meninggalkan duka yang panjang sepanjang sejarah sepak bola. Semoga tidak ada lagi peristiwa serupa yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *