Info Bola Mengenai Istilah-Istilah Dalam Dunia Sepak Bola

Dalam artikel ini kami akan memberikan info bola mengenai istilah-istilah yang digunakan dalam dunia sepak bola. Bagi penggemar sepak bola tentu tidak asing dengan istilah yang digunakan. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui pengertian dari istilah-istilah tersebut sebaiknya baca artikel ini hingga tuntas.

  • Offiside

Dalam pertandingan sepak bola, istilah offsite sering digunakan. Istilah ini digunakan jika pemain berada di posisi atau di dalam daerah lawan dan kondisi bola dioper. Biasanya offside dilakukan oleh pemain belakang dengan tujuan untuk menjebak lawan.

Ada beberapa hal yang bisa menggagalkan offsite, walaupun pemain sedang berada di daerah lawan dan tidak sedang memainkan bola, yaitu jika pemain berada di luar lapangan. Jika demikian maka pemain dianggap masuk ke lapangan untuk mengejar bola.

Jika ada pemain yang melakukan offsite maka, lawan mendapatkan kesempatan untuk melakukan tendangan bebas di tempat dimana offsite tersebut terjadi.

  • Adu Pinalti

Info bola, istilah berikutnya adalah adu pinalti. Adu pinalti adalah istilah untuk tendangan yang dilakukan pada waktu pertandingan berakhir dengan skor nilai seimbang dan pertandingan telah melalui babak extra time. Biasanya tendangan adu pinalti dilakukan oleh pemain sebanyak lima orang pada setiap masing-masing tiem.

  • Corner Kick

Istilah corner kick diberikan untuk tendangan sudut yang diberikan oleh tiem, yaitu pada waktu lawan mengeluarkan bola ke bagian belakang garis pada gawangnya sendiri. Seperti namanya tendangan ini dilakukan di sudut lapangan antara bendera dan garis seperempat lingkaran.

Baca juga: Berita Bola, Sejarah dan Nama-Nama dalam Liga Inggris

Pemain yang melakukan tendangan ini bebas menendang ke arah manapun dengan catatan tetap berada di garis.

  • Back Pass

Back pass adalah aturan yang dibuat untuk menghindari kipper atau penjaga gawang memegang bola dalam waktu yang lama. Selain itu ada juga pelanggaran yang biasanya dilakukan oleh kipper, seperti: memegang bola dari operan tiemnya atau mencegah bola dengan kaki.

Kipper akan mendapatkan hukuman jika melanggar peraturan back pass, seperti melakukan tendangan bebas tidak langsung ke arah gawang. Jadi untuk menghindari pelanggaran tersebut kipper bisa mengumpan terlebih dahulu bola ke pemain tim.

  • Free Kick

Free kick adalah istilah yang diberikan untuk tendangan bebas. Tendangan bebas dilakukan jika tiem lawan melakukan pelanggaran. Tendangan bebas dilakukan tanpa dihalangi oleh tiem lawan, artinya lawan hanya bisa menghalang beberapa meter dari depan. Ada dua jenis tendangan bebas yaitu:

  • Tendangan bebas langsung adalah tendangan yang dilakukan jika terjadi pelanggaran di daerah pinalti lawan.
  • Tendangan bebas tidak langsung adalah tendangan yang dilakukan apabila terjadi pelanggaran yang tidak terlalu berbahaya.

Demikian info bola mengenai lima istilah yang digunakan dalam olahraga sepakbola. Semoga artikel ini bisa menambah informasi, khususnya mengenai olahraga sepakbola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *