Info Bola, Arti Lambang Manchester United dan Liverpoll

Berbagai macam hal mengenai info bola selalu menjadi bahan menarik untuk dibahas, salah satunya adalah lambang klub sepak bola. Lambang klub sepak bola banyak kita temui di sekitar kita. Mulai dari kaos, kaos kaki, poster dan masih banyak benda lainnya.

Berikut ini adalah info bola mengenai arti lambang klub sepak Manchester United dan Liverpoll yang meski Anda ketahui, apalagi jika kedua klub tersebut adalah klub favoritmu.

Manchester United

Sepanjang sejarah berdirinya Manchester United pernah beberapa kali mengalami perubahan. Klub sepak bola yang mendapat julukan “Setan Merah” atau “The Red Devils” ini menggunakan lambang dengan visual akar, lambang tersebut digunakan pada era 60-an. Pada akhir 60-an lambang klub ini mulai dimasukkan ke brosur program dan syal. Hingga pada akhirnya ditambahkan visial memegang trisula.

Tahun 1998, desain MU di desain ulang dengan menghilangkan tulisan”Futball Club”. Perubahan tersebut mendapat pertentangan dari para suporter dan menganggap klub kesayangannya menjauhi akar sepak bola, hanya untuk kepentingan bisnis saja.

Semua logo MU yang digunakan semuanya terdapat gambar kapal di bagian atasnya dengan 4 buah layar. Kapal tersebut menggambarkan kanal Manchester untuk membebaskan kota dari ketergantungan pelabuhan Liverpool.

Liverpool FC

Baca juga:

Pertama kali lambang klub sepak bola Liverpool digunakan pada seragam saat pertandingan partai Piala FA, tahun 1950. Perubahan lambang terjadi pada musim kompetisi tahun 1955 / 1956. Awalnya gambar ‘Liver Bird’ berada di dalam lingkaran logo dan dibagian bawahnya terdapat tulisan ‘Liver Bird’ .

Tahun 1968, lambang klub sepak bola ini mengalami perubahan yang terlihat lebih modern. Perubahannya terletak pada garis pijakan pada kaki ‘Liver Bird” dan menghilangkan garis lingkaran oval. Lambang tersebut digunakan hingga tahun 1987.

Tahun 1987 lambang klub sepak bola ini mengalami perubahan lagi. Lambang ‘Liver Bird’ diletakkan kembali di dalam tameng seperti bentuk yang pertama kali digunakan. Namun penulisan ‘Liverpool Football Club’ tidak di singkat. Lambang tersebut digunakan sampai tahun 1990.

Menjelang perayaan ulang tahun 100 tahun Liverpool FC, lambang klub sepak bola ini mengalami perubahan yang sangat signifikan, yaitu dengan penambahan ornament ‘Shankly Gates’ dengan teks ‘You’ll Never Walk Alone’ sedangkan di atas tameng bertuliskan ‘Liver Bird’, di bagian bawahnya terdapat angka 1892 – 1999. Tulisan tersebut dimasukkan ke dalam lambang dengan tujuan untuk mengingat jasa Bill Shankly, manajer yang membuat pondasi klub ini semakin kuat.

Pada tahun 1993 lambang klub ini mengalami perubahan dengan menambahkan visual kobaran api kembar di sisi tameng. Makna dari kobaran api tersebut untuk mengenang Liverpudlian yang menjadi korban tragedy Hillsborough.

Pada tahun 1999, lambang Liverpool dibuat dengan komposisi dua warna, sedangkan sejak tahun 2002 lambangnya dibuat full colour. Demikian info bola, mengenai lambang dua klub besar Manchester United dan Liverpool.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *