Perlengkapan Futsal yang Umum Digunakan

Permainan futsal pada umumnya dapat dikatakan sama seperti sepak bola. Bedanya permainan ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing diantara mereka memiliki 5 orang anggora. Futsal sendiri bertujuan agar bola dapat masuk ke gawang lawan dengan cara memanipulasi bola dalam permainan strategi kaki. Apabila diantara salah satu anggota ada yang tidak bisa meneruskan permainan, pemain cadangan dapat masuk dan menggantikan posisi tersebut. Untuk memainkan olahraga satu ini, perlu adanya perlengkapan futsal yang dapat menunjang.

Perlengkapan futsal yang diperlukan memang banyak ragamnya. Dari hal yang terpenting hingga hal kurang penting sekalipun, diciptakan oleh beberapa produsen sebagai pelengkap peralatan. Ini semua berfungsi untuk dapat meningkatkan performa permainan futsal. Berikut adalah beberapa macam perlengkapan yang diperlukan ketika bermain futsal:

  • Lapangan

Lapangan permainan olahraga satu ini relatifnya mempunyai ukuran sepanjang 25 hingga 43 meter, dan memiliki lebar dari 15 hingga 25 meter. Bisa didalam ruangan maupun diluar ruangan.

  • Bola

Bola futsal memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan bola dalam sepak bola. Jika dalam skala Internasional, bola futsal berasal dari kulit laken tidak diperbolehkan. Keliling bola biasanya 62 cm hingga 64 cm. dan juga bola harus memiliki tekanan dari 0,4 hingga 0,6 atmosfir pada ketinggian permukaan air laut.

  • Gawang

Alat satu ini digunakan sebagai tempat memasukan bola. Pemain yang menjaga gawang biasanya disebut kiper. Sehingga bola tidak dapat dengan mudahnya masuk, karena kiper secara ketat menjaga perlindungan yang ada. gawang terbuat dari jaring dengan tinggi 2 meter dan lebar 3 meter.

Baca juga: 6 Perlengkapan Futsal yang Tak Bisa Digantikan

  • Sepatu

Didalam permainan resmi, biasanya pemain diwajibkan untuk memakai sepatu futsal. Sepatu futsal berbeda dengan sepatu yang digunakan dalam sepak bola. Kerapatan sol bawah sepatu dan ukuran yang standar adalah ciri yang dipunyai sepatu futsal.

  • Jersey

Memakai pakaian apapun sebenarnya diperbolehkan. Kecuali di dalam pertandingan resmi. Setiap grup harus memiliki kostum jersey sendiri. Jika dalam permainan yang informal, biasanya para lelaki juga lebih senang mengenakan jersey klub bola favorite mereka.

  • Kaos kaki

Kaos kaki pelengkap sepatu futsal, umumnya dapat melindungi kaki. Terutama kulit kaki yang bisa saja terkena gesekan atau tendangan pemain lain. Kaos kaki juga digunakan agar pelindung kaki dapat dengan sempurna terpasang.

  • Pelindung

Tulang kaki kering memang sangat rentan jika mengalami cedera. Maka dari itu, perlu dilindungi dengan pelindung semacam deker.

  • Handuk kecil

Olahraga futsal memerlukan tenaga yang cukup menguras hampir seluruh energi. Pembakaran kalori yang terjadi pun mengakibatkan keringat dapat mengucur dengan derasnya. Handuk kecil dapat membantu mengelap keringat yang ada di bagian tubuh kita. Dengan perlengkapan futsal sepele seperti ini justru, dapat mengganggu performa pemain di dalam permainan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *