Ingin Punya Sepatu Futsal yang Tepat? Simak Tips Memilihnya Disini!

Memiliki sepatu futsal menjadi salah satu modal bagi pecinta olahraga futsal untuk berumput di lapangan dengan baik dan nyaman. Sepatu untuk olahraga futsal memiliki desain khusus yang dianggap sebagai senjata pemain futsal. Tidak heran jika mayoritas pecinta olahraga satu ini cukup selektif dalam memilih sepatu yang hendak dikenakan. Sebab semakin berkualitas sepatu yang dipilih menawarkan kenyamanan, keamanan, sekaligus bisa digunakan jangka panjang sebab tahan lama.

Kiat Memilih Sepatu Olahraga Futsal Terbaik

Tidak sedikit merk yang menyediakan sepatu khusus untuk olahraga futsal, dan masing-masing menawarkan harga dan kualitas berbeda. Bagi yang masih bingung ciri sepatu berkualitas seperti apa maka bisa mencoba kiat berikut supaya tidak salah pilih:

  • Teliti memperhatikan bahan sepatu,

Olahraga futsal menuntut para pemainnya untuk lincah berlari di lapangan yang ada di dalam sebuah ruangan tertutup sehingga tidak ada rumput. Supaya nyaman dengan sepatu yang dikenakan penting sekali teliti memperhatikan bahannya.

Masing-masing merk dari sepatu olahraga ini menghadirkan beberapa macam material dasar dengan karakteristik yang berbeda-beda. Secara umum sepatu untuk olahraga futsal hadir dengan empat pilihan, yakni serat karbon, kain, kulit, dan juga material imitasi. Selain mempertimbangkan desain yang menarik perlu juga mengutamakan material yang nyaman. Bahan yang paling dianjurkan adalah sepatu dari serat karbon yang memiliki karakteristik nyaman, ringan, dan tentunya kuat.

  • Cek dahulu desain pada bagian depan,

Bagi siapa saja yang hendak mencari sepatu futsal nyaman dan berkualitas sebaiknya tidak mengabaikan pentingnya desain muka atau bagian depan. Desain sepatu bagian depan memiliki fungsi ganda, selain melindungi kaki selama bermain futsal. Ternyata desain tertentu memberikan kemampuan lebih untuk memberikan tendangan terbaik. Melihat fungsi ganda yang diberikan tentu memberikan informasi kepada Kita untuk meneliti bagian desain depan yang tidak hanya nyaman namun juga kuat dan lentur.

Baca juga: Tips Simple dalam Memilih Harga Sepatu Futsa

  • Desain bagian tumit yang sebaiknya bagus,

Selain memperhatikan bagaimana desain bagian depan, pecinta olahraga futsal dalam memilih sepatu juga perlu memperhatikan desain bagian belakang atau tumit. Futsal yang membuat pemainnya berlari berulang kali selama permainan membutuhkan kekuatan kaki yang terjaga dengan baik. Pijakan kaki sebaiknya kuat dan perlu dukungan sepatu yang memberikan kenyamanan pada tumit. Sebab selama berlari bagian tumit yang kurang nyaman memperbesar resiko cedera di tengah permainan. Sol yang tepat sebaiknya cukup tebal, lentur, dan juga lembut.

  • Memastikan jahitannya sudah bagus,

Semua sepatu dibentuk dari beberapa potongan bahan yang berbeda, kemudian disatukan dengan cara dijahit. Sepatu khusus untuk bermain futsal memiliki perpaduan antara beberapa bahan sekaligus dan membutuhkan jahitan yang kuat. Ini penting diperhatikan supaya di tengah pertandingan tidak mendapati sepatu rusak apalagi robek tiba-tiba akibat gerakan keras di tengah lapangan. Jahitan sebaiknya cukup rapi sekaligus kuat, setelah dibeli bisa dijahit ulang ke tukang sol untuk memastikan kekuatannya.

  • Menyesuaikan dengan bentuk kaki,

Kenyamanan saat bermain futsal akan lebih maksimal jika tepat dalam memilih desain sepatu yang pas melekat di kaki. Secara umum desain pada sepatu khusus futsal terbagi menjadi dua jenis, pertama ada slim fit, sementara satunya adalah wide fit. Ketika menjumpai keduanya di satu toko maka seketika Kita akan tahu perbedaan desain antara keduanya. Pastikan dicoba dahulu untuk memastikan desain sepatu futsal mana yang memang pas dengan bentuk kaki supaya nyaman saat digunakan bermain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *