6 Perlengkapan Futsal yang Tak Bisa Digantikan

alam sebuah permainan futsal, tiap-tiap pemain serta lingkup olahraga tersebut tak terlepas dari adanya keperluan ini itu. Lebih tepatnya pada perlengkapan futsal yang dibutuhkan oleh para pemain untuk dapat mengikuti aktifitas olahraga tersebut dengan lancar. Kelengkapan itu pun bermacam-macam, ada yang untuk diri pribadi dan juga secara bersamaan. Adapun beberapa kelengkapan untuk olahraga futsal itu ialah sebagai berikut: 

Jersey futsal

Sering pula disebut dengan kaos futsal yang notabene kompak satu kelompok. Seragam futsal tersebut pun sudah seperti keharusan yang tak boleh dilewatkan. Selain untuk menunjukkan adanya kekompakan, kaos tersebut juga menjadi ciri khas dari kelompok itu sendiri agar bisa dibedakan dengan kelompok lainnya. Lebih serunya lagi, jersey futsal ini bermacam-macam dari yang tanpa lengan, lengan pendek hingga lengan panjang sekalipun. Kemudian angka dan nama punggung disesuaikan dengan kebijakan group itu sendiri. Para pemain bisa memesan terlebih dahulu di suatu toko, karena tingkat kebutuhan yang berbeda-beda, mulai dari desain kaos, pilihan warna, ukuran, nama, nomor, harga dan lain-lainnya. 

Celana pendek

Pasangan dari kaos futsal ialah celana pendek yang menjadikan para pemain merasakan nyaman saat diam, bergerak lambat hingga cepat sekalipun. Namun untuk pihak pemain yang menjabat sebagai penunggu gawang, diperbolehkan untuk memakai celana panjang. Pilihan untuk tipe celana pendek maupun panjang sama-sama dapat dipilih berdasarkan dengan kenyamanan sang kiper itu sendiri. Lebih lagi, warna kostumnya juga berbeda dari lainnya, terutama dari segi warna. 

Sepatu

Tak ayal lagi bahwa pemilihan sepatu turut mempengaruhi adanya kenyamanan pemain dalam bergerak. Bahkan kinerja pemain itu pun dapat dipengaruhi pula oleh pilihan alas kaki yang dikenakan. Karena itulah, pemilihan perlengkapan futsal berupa sepatu ini harus memperhatikan detail dengan betul-betul. Pilih memilih sepatu ini dapat memastikan adanya dua faktor yakni kenyamanan dan kekuatan yang dimiliki. Barulah soal merk maupun harga dapat dilampirkan setelahnya. 

Baca juga: Tips Simple dalam Memilih Harga Sepatu Futsal

Kaos kaki

Sebagai pasangan sepatu, kaos kaki akan melindungi sekaligus memberikan kenyamanan terlebih dahulu pada pemain. Soal detail kaos pembungkus kaki itu sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekaligus kenyamanan pemain bersangkutan. Sedari pilihan ukuran, warna, bahan, merk, harga dan lain-lainnya. Hingga nantinya, jatuh pada pilihan yang tepat untuk memastikan adanya peran vital dari sebuah pelindung kaki di dalam sepatu. 

Pelindung tulang kering

Terdapat sebuah perlengkapan bernama pelindung tulang kering untuk memberikan proteksi terbaik. Dimana dalam pilihan tersebut, ada bahan yang nyaman dan cocok untuk dikenakan. Umumnya, pelindung ini terbuat dari karet yang lentur dan nyaman dikenakan. Pemain bisa memilih dan memastikan terlebih dahulu, jadinya tak bersifat sebaliknya. Karena bagaimanapun juga, tulang kering yang rawan akan cidera membutuhkan perlindungan yang lebih. Melalui komponen satu ini pula, pemain dapat mengupayakan adanya proteksi tersebut. 

Bola

Bola merupakan salah satu perlengkapan futsal yang wajib, meskipun terlihat sama sekali tak ada bedanya antara bola futsal dengan bola di sepakbola. Hanya saja, dari segi ukuran, bola futsal jauh lebih kecil yakni dalam skala tidak kurang dari 62 cm dan tak lebih dari 64 cm atas hitungan keliling bola itu sendiri. Di lihat dari beratnya, bola futsal mempunyai bobot tidak kurang dari 400 gram dan tak melebihi 440 gram. Kemudian pada tekanannya, jatuh pada 0.4 sampai 0.6 atm atau 400-600 gram per meter kubik pada permukaan laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *