Sering Menyaksikan Pertandingan Dunia Bola Ternyata Punya Sejuta Manfaat

Memang perlu diakui bahwa tidak semua orang gemar dengan dunia bola, apalagi menyaksikan pertandingannya. Penggemar olahraga bola sampai saat ini memang masih didominasi oleh kaum lelaki, meski ada pula perempuan yang menyukainya. Menyaksikan pertandingan sepak bola baik secara langsung ke stadion maupun hanya di depan layar. Ternyata memberikan manfaat yang beragam bagi pelakunya, sehingga membiasakan menyaksikan pertandingan olahraga satu ini sah saja dilakukan.

Penggemar sepak bola tentu rela meluangkan waktu diantara jam tidur dan istirahatnya untuk menyaksikan beberapa tim handal berlaga di lapangan hijau. Menyaksikan pertandingan bola secara langsung maupun tak langsung memberikan manfaat berikut:

  • Mendapatkan motivasi untuk bergerak,

Melakukan olahraga apapun, baik yang lumayan mudah sampai yang sangat sulit sebenarnya tidak memerlukan bakat sebab bisa terasah sembari latihan rutin. Beberapa orang mengaku tidak terlalu suka berolahraga terutama yang sistemnya permainan, seperti sepak bola, voli, dan sebagainya.

Padahal berolahraga sembari bermain menawarkan pengalaman seru dan menarik sekaligus menyehatkan jasmani. Siapa sangka dengan rutin menyaksikan pertandingan sepak bola maupun olahraga di cabang lainnya. Mampu memberikan motivasi untuk bergerak, minimal mencicipi sensasi olahraga yang disaksikan tersebut. Sebagian besar orang yang suka menonton pertandingan bola biasanya juga gemar bermain bola maupun futsal. Bagi yang butuh motivasi untuk olahraga rutin, sepertinya menonton bola bisa dipertimbangkan.

Baca juga: Intip Manfaat Sepakbola Berikut Ini!

  • Memberikan usia yang lebih panjang,

Ada ya hubungan antara menonton pertandingan dunia bola dengan panjang pendeknya usia seseorang? Meski terdengar klise dan nyaris tidak ada hubungannya, namun ternyata berdasarkan penelitian Julliana Holt Lunstad, PhD. Salah seorang psikolog menerangkan bahwa selama menonton pertandingan bola maka tubuh akan melepaskan hormon bahagia. Sehingga mampu menekan stress beserta dampak negatifnya, yang membuat tubuh semakin baik kondisinya. Inilah alasan mengapa menyaksikan pertandingan bola memberikan harapan hidup lebih lama.

  • Membantu meningkatkan kecerdasan otak,

Menyaksikan pertandingan sepak bola memang menuntut Kita untuk lebih fokus supaya paham apa yang terjadi selama pertandingan. Konsentrasi yang terasah dengan baik ternyata memberikan dampak panjang bagi pelakunya, sebab mengasah kemampuan otak. Bagi yang merasa sulit untuk berkonsentrasi dan menyerap informasi di lingkungan sekitar. Menonton pertandingan sepak bola bisa diibaratkan sebagai terapi untuk meningkatkan konsentrasi sehingga bisa lebih cerdas secara alami. Manfaat satu ini sebenarnya bukanlah hisapan jempol saja, sebab sudah dilakukan penelitian berkaitan dengan manfaat menonton pertandingan olahraga, termasuk sepak bola.

Penelitian ini dilakukan oleh University of Chicago pada tahun 2008 lalu dengan menggunakan 12 orang responden. Masing-masing diberi perlakuan mendengarkan siaran pertandingan sepak bola kemudian memanfaatkan mesin untuk merekam kerja otak. Hasilnya memang menakjubkan, bahwa penggemar siaran olahraga mendapatkan kemampuan yang membaik pada otak area motorik. Sehingga penggemar olahraga yang rutin menyaksikan pertandingan mampu memperbaiki perencanaan, penampilan, dan juga pengawasan sehingga menjadi pribadi yang cerdas.

  • Memperluas silaturahmi,

Berbicara mengenai dunia bola, bisa jadi Kita akan membahas mengenai piala dunia ataupun pertandingan rutin di musim tertentu. Ketika ada pertandingan bola beruntun seperti piala dunia maka akan ada banyak tempat yang menyediakan tempat nobar atau nonton bareng. Siapa sangka berawal dari saling suka pada sepak bola memberikan ruang berkenalan dengan banyak orang. Sehingga tali silaturahmi akan semakin luas, yang tentunya baik untuk mengembangkan jiwa bersosialisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *