5 Manfaat Futsal Untuk Perkembangan Anak-anak

Perkembangan olahraga futsal bukan hanya digemari pria dewasa atau remaja saja. Melainkan oleh anak-anak. Di zaman modern, perkembangan olahraga futsal  semakin pesat pertumbuhannya. Sekolah-sekolah pun banyak yang membuka ekstrakulikuler cabang futsal sebagai pilihan aktifitas olahraga, venue-venue futsal banyak disewakan dan pertandingan futsal untuk anak-anak pun banyak diselenggarakan di Indonesia.  Begitu besar manfaat futsal untuk anak-anak bagi pertumbuhan sistem motorik, atau sebagai aktifitas olahraga yang positif,

Sebagai orang tua, Anda harus mendukung hobi anak Anda dalam cabang olahraga futsal.

Berikut 5 manfaat futsal untuk anak-anak:

  • Mengajarkan kegesitan

Umpan-umpan taktis dalam bola futsal, menguji seorang anak untuk tampil secara gesit. Bergerak secara cepat dan lincah. Agar tubuh anak terbiasa gerak. Permainan bola futsal menjadi salah satu alternatif sang anak untuk mencintai dunia olahraga. Karena di Indonesia, cabang olahraga yang satu ini, banyak digemari anak-anak. Melatih kecepatan.

  • Menyalurkan hobi berolahraga

Hobi berolahraga penting bagi peningkatan bakat seorang anak. Sejak dini orangtua harus memberi penjelasan tentang makna penting di dalam berolahraga. Futsal bisa menjadi sarana peningkatan bakat anak Anda. Disamping olahraga futsal tidak cukup mahal, sang anak bisa bersosialisasi bersama anak-anak yang mempunyai hobi yang sama.

Baca juga: 5 Manfaat Sepakbola Untuk Perempuan

  • Penunjang cita-cita sebagai pemain sepakbola

Kita pasti mengenal Neymar JR atau Ronaldinho, pemain terbaik dunia dari Brazil. Awal sebelum terkenal mereka bermain bola futsal untuk berlatih, sebelum akhirnya menjadi pemain professional kelas dunia dan meraih banyak gelar bersama klubnya. Anak-anak yang ingin bercita-cita menjadi pemain bola terkenal, selayaknya harus diperkenalkan dan diikutsertakan dalam pertandingan futsal khusus anak-anak. Lapangan futsal yang mini, bisa memberikan kebebasan si anak untuk berlatih dan si anak pun tidak begitu lelah saat mengejar bola, berbeda dengan lapangan sepakbola rumput yang besar. 

  • Menghidupkan Intuisi

Menghidupkan sisi Intuisi dari usia dini, penting bagi improvisasi sang anak dalam membuat keputusan atau mengambil sebuah keputusan dengan cepat. Olahraga futsal, yang membutuhkan gerak lincah dengan situasi yang  cepat berubah di lapangan. Tak heran, banyak anak-anak ajaib dalam dunia sepakbola sudah mengerti cara mengambil keputusan yang tepat dimana, kapan dan bagaimana si anak harus mengoper bola, atau mencetak gol dengan tendangan yang baik.  Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo adalah salah satu anak ajaib dalam dunia sepakbola. Mereka sudah berkembang dengan sangat baik ketika usia mereka baru beranjak 8 tahun.

  • Kebersamaan

Sebagai orangtua, Anda harus memilih jadwal yang tepat bagi latihan futsal anak Anda. Pilihlah jadwal akhir pekan untuk pergi berlatih di venue futsal yang baik dari segi infrastrukturnya. Begitu banyak manfaat futsal yang bisa didapatkan si anak disamping, bisa menjaga kebugaran tubuh, juga bisa menjadi ajang rekreasi kebersamaan orangtua dan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *