4 Perlengkapan Futsal Untuk Penjaga Gawang

Penjaga gawang  mempunyai posisi sentral dan penting saat bermain bola. Begitu juga dalam permainan bola  futsal. Penjaga gawang di dalam permainan futsal dituntut untuk bisa tetap waspada dengan pergerakan bola. Gawang futsal yang hanya berukuran 2×3 meter itu, harus dijaga dengan seorang penjaga gawang yang lincah dan taat aturan. Perlengkapan futsal pun untuk seorang penjaga gawang harus diperhatikan secara detail dan dimiliki oleh semua penjaga gawang di dalam permainan futsal. Alasannya, agar seorang penjaga gawang bisa tampil performa saat menjaga timnya dari kebobolan. Jika Anda adalah seorang penjaga gawang futsal, Anda harus memperhatikan elemen dasar saat menjadi seorang kiper.

Berikut 4 perlengkapan futsal untuk penjaga gawang:

  •  Pelindung lutut

Bagi seorang penjaga gawang. Dia akan selalu siap menerima gempuran dari lawannya. Perlindungan terhadap tubuhnya menjadi hal yang sangat penting. Termasuk perlindungan terhadap kedua lututnya. Karena ia akan berjibaku jatuh bangun menepis bola. Nah, lutut akan selalu siap jatuh di lapangan futsal yang biasanya berbahan semen atau rumput sintetis. Pilihlah pelindung lutut yang nyaman saat dikenakan saat bertanding. Yang mempunyai bantalan yang kuat.

  • Sarung tangan

Sarung tangan adalah identitas seorang penjaga gawang. Fungsinya agar kedua tangan bisa menangkap tendangan bola yang mengarah kepadanya dengan maksimal, tanpa harus takut cidera atau lecet. Wajib bagi Anda yang berposisi sebagai kiper futsal untuk selalu siap memakai sarung tangan kiper. Pilihlah sarung tangan yang sudah dilengkapi fingersave yang dapat melindungi jari dari resiko cidera.

  • Seragam Penjaga Gawang

Baju dan celana untuk seorang penjaga gawang berbeda dari seragam pemain futsal lainnya. Seragamnya didesain khusus. Agar menjauhi penjaga gawang dari segala macam risiko cedera. Potensi cidera bagi seorang kiper cukup besar, karena dia harus jatuh bangun menerima dan menangkap bola. Celana untuk seorang kiper futsal biasanya dilengkapi dengan bantalan busa tebal di kedua lutut dan paha dan baju untuk kiper futsal juga dilengkapi bantalan busa di kedua siku lengan. Jika Anda memang seorang yang berposisi penjaga gawang. Pilihlah seragam penjaga gawang dengan kualitas yang baik, berbahan elastis dan tidak gampang robek. Penampilan Anda sebagai penjaga gawang, menentukan performa Anda di lapangan futsal.

Baca juga: 5 Perlengkapan Futsal Yang Wajib Anda Ketahui

  • Pelindung tulang kering

Fungsi pelindung tulang kering, bagi seorang penjaga gawang agar melindungi kaki mereka dari benturan keras saat sedang menyelamatkan bola dari lawan. Kontak dengan pemain lawan akan sering dialami oleh seorang  penjawa gawang futsal karena derasnya bola dalam permainan futsal sangat taktis dan sangat cepat. Pelindung tulang kering ini, wajib selalu dibawa oleh seorang penjaga gawang futsal.

Tetaplah memenuhi segala kriteria perlengkapan futsal untuk seorang penjaga gawang amatir atau professional, untuk meminimalisir cidera yang fatal. Hal ini wajib bagi Anda yang telah memilih posisi sebagai penjaga gawang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *