5 Manfaat Sepak Bola Untuk Anak-anak

Sepak bola dari dulu sampai saat ini menjadi olahraga terpopuler di dunia. Menjadi hiburan rakyat paling ditunggu. Pertandingan sepak bola selalu penuh dengan para penonton fanatik. Terutama saat piala Eropa berlangsung seperti sekarang ini. Sekolah sepak bola didirikan di mana-mana, selain untuk menunjang cita-cita seseorang. Banyak dari orang tua yang mengirimkan anak-anak mereka untuk berlatih sepak bola secara terjadwal. Manfaat sepak bola tidak hanya berlaku untuk orang dewasa saja, melainkan aman dan sehat untuk dimainkan anak-anak.

Berikut 5 Manfaat Sepak bola untuk anak-anak:

1 . Bersosialisasi

Kerja sama tim antar individu dalam sepak bola, akan mengajarkan anak-anak cepat bersosialisasi, berbaur, dan berdiskusi dalam satu tim. Hal tersebut akan menjadi penting ketika mereka memasuki usai dewasa. Jika anak Anda adalah seorang introvert dan pemurung. Disarankan untuk pada orang tua memasukan anak mereka ke sekolah sepak bola. Alasannya agar sistem motorik si anak berjalan dengan sehat. Kemampuan sosial anak akan meningkat.

  1. Berani mengambil keputusan

Satu keputusan dalam sepak bola akan mempengaruhi seluruh tim saat bermain. Keputusan si anak saat mengoper, menyundul, atau menggocek lawan semua berasal dari insting keputusan mereka untuk membawa tim mereka pada kemenangan. Karena mereka dituntut membuat keputusan di lapangan. Apalagi, kalau anak Anda adalah kapten tim. Keputusannya pasti didengar oleh teman-temannya.

  1. Persabahatan

Bermain secara tim di lapangan rumput sepak bola. Akan membuat sisi lain persahabatan mereka terbentuk dengan baik dan teruji. Ketika ada teman mereka yang cedera. Mereka juga akan ikut merasa simpatik.

  1. Displin waktu

Seluruh pelatih dalam dunia sepak bola, menyukai para pemainnya yang bisa menghargai waktu dengan efektif. Sepenting apa pun pemain itu. Kalau tidak punya displin waktu akan dicoret dalam line up pemain yang diturunkan. Anak-anak yang notabene  masih punya banyak waktu di dalam aktivitas keseharian mereka. Akan belajar untuk menghargai jadwal yang diberikan pelatih mereka. Dan membuat anak menjadi tidak malas.

  1. Kesehatan mental

Sepak bola juga bisa meningkatkan sistem konsentrasi mereka di lapangan. Membuat anak dapat berpikir dengan cepat,  bereaksi secara gesit, dan lincah. Perhatian dan antusias penonton di pinggir lapangan akan menjadikan kesehatan mental mereka di lapangan akan terasah dengan baik dan stabil. Dan bisa menjaga peluang cita-cita mereka untuk bisa menjadi pemain sepak bola profesional.

Begitu berlimpahnya manfaat sepak bola bagi pertumbuhan awal anak-anak. Sayang jika anak anda memang sudah bercita-cita ingin menjadi pemain sepak bola, lalu sebagai orang tua Anda malah ragu, harapan mereka pasti akan terganjal. Berikanlah kesempatan dan kepercayaan sebesar-besarnya pada mereka untuk berkembang dalam dunia yang dipilihnya. Kepercayaan Anda harapan bagi si anak. Siapa tahu kelak anak andalah yang menjadi pemain terkenal dan penting di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *